PERBEDAAN FORMULASI FERMENTASI BIOFLOKULAN TEPUNG RUMPUT LAUT Eucheuma cottonii DENGAN METODE REPELLETING DALAM PAKAN IKAN NILA (Oreochormis niloticus)

Wulan, Rahmania (2023) PERBEDAAN FORMULASI FERMENTASI BIOFLOKULAN TEPUNG RUMPUT LAUT Eucheuma cottonii DENGAN METODE REPELLETING DALAM PAKAN IKAN NILA (Oreochormis niloticus). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI WULAN RAHMANIA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
ARTIKEL WULAN RAHMANIA C1K018059.pdf

Download (246kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis perbedaan formulasi fermentasi bioflokulan tepung rumput laut E. cottonii dengan metode repelleting dalam pakan ikan nila (O. niloticus). Penelitian ini dilaksanakan selama 50 hari di Laboratorium Produksi dan Reproduksi Program Studii Budidaya Perairan, Jurusan Perikanan dan Ilmu Kelautan, Fakultas Pertanian, Universitas Mataram. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri atas 4 taraf perlakuan dan 3 kali ulangan yaitu: (P1) 800 g pakan komersil (kontrol), (P2) 80 g tepung rumput laut, 1.6 ml bioflokulan dan 16 ml molase, (P3) 160 g tepung rumput laut, 3.2 ml bioflokulan dan 32 ml molase, dan (P4) 240 g tepung rumput laut, 4.8 ml bioflokulan dan 48 ml molase. Parameter yang di ukur adalah berat mutlak, panjang mutlak, laju pertumbuhan spesifik, efisiensi pemanfaatan pakan, konversi pakan, kelangsungan hidup, dan kualitas air. Data dianalisis menggunakan Analysis Of Variance (ANOVA) pada taraf nyata 5%. Parameter yang berbeda nyata dilanjutkan dengan uji DUNCAN pada taraf nyata 5%. Hasil penelitian menunjukan bahwa perbedaan formulasi fermentasi bioflokulan tepung rumput laut E. cottonii dengan metode repelleting dalam pakan ikan nila (O. niloticus) dapat meningkatkan berat mutlak dan panjang mutlak ikan nila (O. niloticus), namun tidak berpengaruh terhadap laju pertumbuhan spesifik, efisiensi pemanfaatan pakan, konversi pakan dan kelangsungan hidup ikan nila (O. niloticus). Penambahan formulasi fermentasi bioflokulan tepung E. cottonii 160 g ke dalam pakan komersil merupakan perlakuan terbaik karena dapat meningkatkan berat dan panjang mutlak ikan nila sebesar 5,33 g dan 3,60 cm.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): E. cottonii, Bioflokulan, Ikan Nila, Pakan Komersil
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 26 Jan 2023 03:08
Last Modified: 26 Jan 2023 03:08
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/34789

Actions (login required)

View Item View Item