PENGEMBANGAN MODIFIKASI PERMAINAN MONOPOLI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI PELUANG KELAS VIII SMPN 1 NARMADA TAHUN AJARAN 2022/2023

APRILIA, LISTIANA (2023) PENGEMBANGAN MODIFIKASI PERMAINAN MONOPOLI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI PELUANG KELAS VIII SMPN 1 NARMADA TAHUN AJARAN 2022/2023. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI APRILIA LISTIANA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan permainan monopoli sebagai media pembelajaran pada materi peluang kelas VIII di SMPN 1 Narmada yang valid dan praktis. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian pengembangan dengan mengadopsi lima langkah dalam tahapan ADDIE, yaitu analysis, design, development, implementation, and evaluation. Sampel dalam penelitian ini yakni kelas VIII.3 yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data yaitu angket untuk mengukur kevalidan media yang dibagikan ke 5 validator yakni 2 dosen matematika Universitas Mataram dan 3 guru matematika SMPN 1 Narmada dan angket respon siswa yang digunakan untuk mengukur kepraktisan media yang dibagikan ke kelas VIII.3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perhitungan angket validasi media pembelajaran dinyatakan valid berdasarkan kategori indeks Aiken dengan nilai V= 0,898 dan hasil angket respon siswa yang didapatkan yakni Praktis berdasarkan kategori kepraktisan dengan nilai persentase 76%. Berdasarkan hasil perhitungan tersebut maka media pembelajaran ini dinyatakan sudah bisa digunakan untuk pembelajaran matematika di sekolah khususnya pada mata materi peluang

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Media Pembelajaran, Permainan Monopoli, Matematika, Peluang
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 26 Jan 2023 03:09
Last Modified: 26 Jan 2023 03:09
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/34793

Actions (login required)

View Item View Item