APLIKASI METODE PCI (PAVEMENT CONDITION INDEX) DALAM MENGUKUR TINGKAT KERUSAKAN JALAN DAN PENGARUHNYA TERHADAP KECEPATAN KENDARAAN PADA SEGMEN RUAS JALAN LEMBAR-SEKOTONG-PELANGAN LOMBOK BARAT

NORMA WIDYA, HARYATI (2023) APLIKASI METODE PCI (PAVEMENT CONDITION INDEX) DALAM MENGUKUR TINGKAT KERUSAKAN JALAN DAN PENGARUHNYA TERHADAP KECEPATAN KENDARAAN PADA SEGMEN RUAS JALAN LEMBAR-SEKOTONG-PELANGAN LOMBOK BARAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
NORMA WIDYA HARYATI_TESIS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Sebagai salah satu sarana transportasi, kedudukan dan peranan jaringan jalan pada hakikatnya menyangkut hajat hidup orang banyak untuk menjaga keberlanjutan dan kualitas pelayanan dari jalan tersebut. Jika ruas jalan mengalami kerusakan maka akan memberi dampak yang cukup besar terhadap kondisi arus lalu lintas. Kerusakan jalan banyak terjadi karena tingginya penggunaan jalan tersebut yang menyebabkan volume kendaraan yang tinggi, beban kendaraan yang berlebih (overload), limpasan air hujan atau sistem drainase yang buruk dan lain-lain. Ruas Jalan Lembar-Sekotong-Pelangan, adalah ruas jalan provinsi yang terletak di Kabupaten Lombok Barat, NTB. Ruas jalan ini telah mengalami kerusakan di beberapa segmen jalan dan mengganggu arus lalu lintas sehingga memerlukan penanganan. Sehubungan dengan hal tersebut, maka tujuan studi ini adalah mengetahui tingkat kerusakan jalan dengan metode Pavement Condition Index (PCI) dan mengetahui pengaruhnya terhadap kecepatan kendaraan serta mencari rekomendasi yang sesuai dengan tingkat kerusakan jalan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah teknik pengumpulan data primer dan sekunder. Teknik Pengumpulan data primer untuk mendapatkan data kerusakan jalan dan kecepatan kendaraan, sedangkan teknik pengumpulan data sekunder untuk mendapatkan data kerusakan jalan per STA, dan kelas jalan. Penelitian ini meliputi survei visual untuk mengetahui kondisi kerusakan jalan dan kecepatan kendaraan. Hasil analisis PCI pada delapan segmen adalah 49,25 dan termasuk dalam kondisi jalan sedang (fair). Sedangkan hasil analisis rata-rata kecepatan kendaraan adalah 37,67 km/jam. Analisis yang digunakan untuk mengetahui pengaruh kerusakan jalan terhadap kecepatan kendaraan adalah Regresi Linear Sederhana. Dari hasil analisis model regresi y (kecepatan kendaraan) = 9,012 + 0,581x (PCI) yang artinya jika variabel PCI 9,012 meningkat 1 satuan maka akan meningkat kecepatan kendaraan 0,581. Semakin rendah nilai PCI maka akan berpengaruh terhadap lambatnya kecepatan kendaraan. Sebaliknya, semakin besar nilai PCI maka akan mempercepat laju kendaraan. Usulan perbaikan penanganan jalan berdasarkan nilai PCI adalah kategori pemeliharaan rehabilitasi

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kerusakan Jalan, Pavement Condition Index (PCI), Kecepatan Kendaraan, Spot Speed
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 26 Jan 2023 03:09
Last Modified: 26 Jan 2023 03:09
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/34794

Actions (login required)

View Item View Item