PENGARUH KONSENTRASI DAN LAMA PERENDAMAN ZAT PENGATUR TUMBUH ROOTONE-F TERHADAP PERTUMBUHAN STEK BATANG KELENGKENG (Dimocarpus longan Lour.)

Wahyu Ramadan, Aji (2023) PENGARUH KONSENTRASI DAN LAMA PERENDAMAN ZAT PENGATUR TUMBUH ROOTONE-F TERHADAP PERTUMBUHAN STEK BATANG KELENGKENG (Dimocarpus longan Lour.). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi_Wahyu Ramadan Aji_C1M016185.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Jurnal_Wahyu Ramadan Aji_C1M016185.pdf

Download (749kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh variasi konsentrasi dan lama perendaman zat pengatur tumbuh (ZPT) Rootone-F terhadap pertumbuhan stek batang kelengkeng. Penelitian disusun dengan rancangan acak lengkap pola faktorial, yang terdiri atas dua faktor. Faktor pertama adalah konsentrasi ZPT Rootone-F (0 ppm, 500 ppm, 1000 ppm, 1500 ppm, 2000 ppm, dan 2500 ppm) dan faktor kedua yang merupakan lama perendaman ZPT Rootone-F (1 jam, 2 jam, dan 3 jam). Penelitian ini memberi fokus pengamatan pada umur muncul tunas (hari), panjang tunas (cm), jumlah tunas (helai), panjang akar (cm), dan jumlah akar (helai). Berdasarkan analisa keragaman pada taraf nyata 5%,ditemukan bahwa interaksi antar kedua perlakuan tidak berpengaruh nyata terhadap semua variabel pengamatan. Pemberian keragaman konsentrasi ZPT Rootone-F memberikan pengaruh nyata terhadap variabel umur muncul tunas, jumlah tunas, dan jumlah akar. Sebaliknya, keragaman pemberian perlakuan lama perendaman hanya berpengaruh nyata pada variabel pengamatan umur muncul tunas. Variabel pengamatan panjang tunas dan panjang akar tidak terpengaruh secara nyata oleh pemberian berbagai konsentrasi dan lama perendaman ZPT Rootone-F. Penelitian ini memberikan kesimpulan bahwa pertumbuhan stek batang kelengkeng dengan pemberian ZPT Rootone-F paling optimal terjadi pada pemberian konsentrasi2500 ppm untuk variabel umur muncul tunas, jumlah tunas, dan jumlah akar. Sedangkan bagi variabel pengamatan umur tumbuh tunas, lama perendaman ZPT Rootone-F memberikan hasil paling optimal.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Konsentrasi, Lama Perendaman, ZPT, Rootone-F, Stek
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 26 Jan 2023 03:10
Last Modified: 26 Jan 2023 03:10
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/34798

Actions (login required)

View Item View Item