PENGARUH VARIASI KECEPATAN UDARA DAN MASSA BAHAN TERHADAP WAKTU PENGERINGAN GABAH DENGAN PENAMBAHAN PIPA PENUKAR KALOR PADA ALAT PENGERING TERFLUIDISASI

Ivan Candra, Kusuma (2023) PENGARUH VARIASI KECEPATAN UDARA DAN MASSA BAHAN TERHADAP WAKTU PENGERINGAN GABAH DENGAN PENAMBAHAN PIPA PENUKAR KALOR PADA ALAT PENGERING TERFLUIDISASI. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI IVAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Gabah merupakan salah satu hasil pertanian yang sering mengalami kerusakan setelah panen karena memiliki kadar air yang relatif tinggi sehingga menyebabkan pertumbuhan mikroorganisme pembusuk semakin cepat. Pengeringan mekanis sangat diperlukan untuk mengatasi permasalahan tersebut agar mengurangi kadar air hingga mencapai 14 % berdasarkan SNI6128:2015 sebagai syarat mutu bahan pakan beras untuk memperpanjang umur simpan. Pada penelitian ini digunakan alat pengering fluidized bed yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh variasi kecepatan udara dan massa bahan terhadap waktu pengeringan gabah dengan penambahan pipa penukar kalor pada alat pengering terfluidisasi dengan variasi kecepatan udara 4 m/s, 5 m/s, dan 6 m/s dengan variasi massa bahan 0,45 kg, 0,55 kg, dan 0,65 kg. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variasi dengan kecepatan Udara 6 m/s dengan massa 0,45 kg mendapatkan laju pengeringan dan etisiensi yang tingg1 yaitu 0,028 gr/s dan 32,6 %. Kemudian pada kecepatan udara 4 m/s dengan massa bahan 0,65 kg mendapatkan laju pengeringan dan efsiensi yang rendah yaitu 0,019 gr/s dan 18,5 %.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Fluidized bed, gabah, waktu, temperatur, kadar air, pengeringan
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 26 Jan 2023 03:11
Last Modified: 26 Jan 2023 03:11
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/34804

Actions (login required)

View Item View Item