HUBUNGAN KEMANDIRIAN BELAJAR DAN MOTIVASI BERPRESTASI DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI IPA MAN 2 MATARAM TAHUN AJARAN 2022/2023

IMROATUL, FITRIANA (2023) HUBUNGAN KEMANDIRIAN BELAJAR DAN MOTIVASI BERPRESTASI DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI IPA MAN 2 MATARAM TAHUN AJARAN 2022/2023. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
IMROATUL FITRIANA (E1R018035).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Kemandirian belajar dan motivasi berprestasi merupakan faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Setelah dilakukan observasi terdapat ketidaksesuaian antara kemandirian belajar dan motivasi berprestasi dengan hasil belajar yang diperoleh sehingga perlu dilakukan penelitian mengenai hal tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kemandirian belajar dan motivasi berprestasi dengan hasil belajar siswa kelas XI IPA MAN 2 Mataram tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jumlah populasi sebanyak 287 siswa dengan sampel penelitian sebanyak 38 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Pengumpulan data menggunakan instrumen angket dan soal tes. Teknik analisis data berupa analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian 1) tidak terdapat hubungan yang signifikan antara kemandirian belajar dengan hasil belajar siswa kelas XI IPA MAN 2 Mataram tahun ajaran 2022/2023. 2) terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi berprestasi dengan hasil belajar siswa kelas XI IPA MAN 2 Mataram sebesar 0,327 dengan tingkat hubungan yang sedang. 3) terdapat hubungan yang signifikan antara kemandirian belajar dan motivasi berprestasi dengan hasil belajar siswa sebesar 0,724 dengan tingkat hubungan yang sangat kuat. 4) terdapat hubungan yang signifikan antara kemandirian belajar dan motivasi berprestasi dengan hasil belajar kelas XI IPA MAN 2 Mataram Tahun Ajaran 2022/2023 sebesar 0,333 dengan kategori hubungan yang sedang.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kemandirian Belajar, Motivasi Berprestasi, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 26 Jan 2023 03:12
Last Modified: 26 Jan 2023 03:12
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/34807

Actions (login required)

View Item View Item