Pengukuran dan Analisis Penentuan Jarak Antara Base Transceiver Station dan Mobile Station Pada Daerah Urban dengan Kondisi Open Area

TITISAN WAHYU NURUL, LAILA (2023) Pengukuran dan Analisis Penentuan Jarak Antara Base Transceiver Station dan Mobile Station Pada Daerah Urban dengan Kondisi Open Area. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TA_Titisan Wahyu Nurul Laila__F1B118057.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Global Positioning System (GPS) memiliki tingkat akurasi yang lemah terutama pada lokasi yang terdapat banyak redaman seperti bangunan dan pepohonan di sekitarnya. Permasalahan tersebut dapat diselesaikan dengan melakukan pengukuran dan menganalisa level sinyal untuk mengetahui jarak yang kemudian dibandingkan dengan jarak real, untuk mendapatkan nilai level sinyal dan jarak antara Base Transceiver Station dengan Mobile Station perlu dilakukan pengukuran level sinyal dan pengukuran menggunakan Global Positioning System untuk mendapatkan jarak real sebagai pembanding. Frekuensi prmancar yang digunakan untuk pengukuran level sinyal yaitu 1800 MHz. Jarak tersebut diproses melalui model propagasi, terdapat tiga model propagasi yang akan digunakan yaitu model propagasi Log Distance Path Loss, Free Space Loss, dan Cost 231 Hata. Hasil dari perbandingan antara jarak real berdasarkan hasil pengukuran menggunakan GPS dengan perhitungan menggunakan propagasi dan tiga provider yang berbeda pada propagasi Log Distance Path Loss didapatkan rata-rata selisih yang paling sedikit pada provider telkomsel yaitu 34,096 dengan rentan jarak pengukuran 20, pada propagasi Free Space Loss didapatkan rata-rata selisih yang paling sedikit pada provider XL yaitu 60,885 dengan rentan jarak pengukuran 20, pada propagasi COST 231 Hata didapatkan rata-rata selisih yang paling sedikit pada provider XL yaitu 141,075 dengan rentan jarak pengukuran 20. Model Propagasi Log Distance Path Loss menghasilkan nilai yang paling mendekati jarak sesungguhnya, dengan jarak pengukuran 20 menggunakan provider telkomsel.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Propagasi, Open Area, RSSI
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 26 Jan 2023 03:59
Last Modified: 26 Jan 2023 03:59
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/34813

Actions (login required)

View Item View Item