OPTIMASI SINTESIS BIODIESEL DARI MINYAK BIJI NYAMPLUNG (Calophyllum inophyllum L.) SECARA ENZIMATIK MENGGUNAKAN RESPONSE SURFACE METHODELOGY

NI PUTU EKA, RADIANTI (2023) OPTIMASI SINTESIS BIODIESEL DARI MINYAK BIJI NYAMPLUNG (Calophyllum inophyllum L.) SECARA ENZIMATIK MENGGUNAKAN RESPONSE SURFACE METHODELOGY. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI NI PUTU EKA RADIANTI G1C018053.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (909kB)

Abstract

Kebutuhan bahan bakar minyak di Indonesia semakin meningkat seiring dengan perkembangan teknologi, sementara cadangan energi minyak bumi setiap harinya semakin berkurang dan tidak dapat diperbarui. Oleh karena itu, untuk mengantisipasi hal tersebut perlu adanya energi alternatif yang bersifat dapat diperbarui seperti biodiesel. Biodiesel adalah bahan bakar yang terdiri dari campuran ester monoalkil yang berasal dari asam lemak atau minyak dengan rantai panjang, yang sumbernya dapat diperbarui dari alam. Salah satu sumber minyak yang dapat dijadikan sebagai sumber energi alternatif untuk diolah menjadi biodiesel yaitu minyak tumbuhan (nabati) seperti minyak dari biji nyamplung. Tumbuhan nyamplung sangat potensial bila digunakan sebagai bahan baku pembuatan biodesel dikarenakan kadar minyak yang tinggi pada biji (40-73%), serta merupakan non edible oil sehingga tidak bersaing dengan kebutuhan pangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan hasil reaksi dengan mengamati berbagai kondisi yang dipengaruhi oleh beberapa variabel yaitu waktu reaksi, suhu reaksi, molar rasio substrat (etanol) dan jumlah Lipozyme TL IM. Perangkat lunak Design Expert v.13 digunakan untuk melihat interaksi antar variabel melalui Response Surface Methodology (RSM) yang dapat mempengaruhi kondisi optimum sintesis yang diperoleh. Model yang disarankan untuk mendapatkan hasil yang optimal adalah model quadratic dengan nilai p-value 0,0083; lack of fit dengan nilai p-value 0,1640 dan nilai R- squared sebesar 0,7760. Kondisi optimum yang dihasilkan oleh metode ini yaitu pada waktu reaksi 4,419 jam, suhu reaksi 52,457 °C, rasio molar minyak terhadap etanol sebesar 1 : 5,825 b/v dan jumlah enzim sebesar 3,795 % dengan persen hasil biodiesel prediksi dan aktual secara berturut-turut sebesar 75,387% dan 74,285 %.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Biodiesel, Minyak Nyamplung, Lipozyme TL IM, RSM, Design Expert v.13.
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 27 Jan 2023 00:27
Last Modified: 27 Jan 2023 00:27
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/34825

Actions (login required)

View Item View Item