KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMPN 4 GERUNG TAHUN AJARAN 2022/2023 DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI RELASI DAN FUNGSI

Baiq Ajeng Aprilia, Ulymaz (2023) KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMPN 4 GERUNG TAHUN AJARAN 2022/2023 DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI RELASI DAN FUNGSI. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_BAIQ AJENG APRILIA ULYMAZ_E1R018012.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan setiap tingkatan kemampuan komunikasi matematis siswa SMPN 4 Gerung tahun ajaran 2022/2023 dalam menyelesaikan soal cerita materi Relasi dan Fungsi. Jenis pelenitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII-A SMPN 4 Gerung tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 27 orang. Dimana instumen yang digunakan adalah tes tulis berupa dua butir soal uraian bernebtuk soal cerita dengan materi Relasi dan Fungsi yang dapat digunakan untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa berdasarkan indikator menggambar, menulis, dan menggunakan simbol matematika dan juga pedoman wawancara. Data hasil tes tulis akan dikatagorikan berdasarkan pedoman penyekoran dan pengkatagorian kemampuan komunikasi matematis dan rinciannya per indikator yang akan diperjelas dengan wawancara semitrstruktur. Berdasarkan analisis data yang dilakukan berdasarkan Miles dan Huberman didapat bahwa siswa dengan kemampuan komunikasi matematis tinggi sebagnyak 29,63% dan mampu menguasi ketiga indikator dengan katagori tinggi. Siswa dengan kemampuan komunikasi matematis sedang sebagnyak 33,33% dan mampu menguasi ketiga indikator namun tidak sempurna dengan katagori sedang. Dan siswa dengan kemampuan komunikasi matematis rendah sebagnyak 37,04% dan kurang bahkan tidak mampu menguasi ketiga indikator dengan dua katagori rendah dan indikator menggambar berkatagori sedang.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kemampuan Komunikasi Matematis, Soal Cerita, Relasi dan Fungsi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 27 Jan 2023 00:27
Last Modified: 27 Jan 2023 00:27
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/34826

Actions (login required)

View Item View Item