I PUTU RAKA, ASTAWA (2023) PENGARUH HAMBATAN SAMPING TERHADAP KINERJA JALAN (Studi Kasus: Jalan Pelita dan Jalan Flamboyan, Jalan Sekitar Taman Sangkareang, Kota Mataram). S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
Tugas Akhir I Putu Raka Astawa (F1A017063).pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Beberapa permasalahan lalu lintas sering timbul akibat suatu aktivitas dari samping segmen jalan. Kemacetan merupakan masalah yang sering kali terjadi pada lalu lintas jalan perkotaan. Kemacetan disebabkan oleh kurangnya kemampuan atau kapasitas jalan untuk memberikan pelayanan terhadap volume kendaraan yang melintasi suatu ruas jalan tertentu serta adanya konflik hambatan samping yang tinggi menyebabkan kecepatan kendaraan menjadi rendah yang berakibat pada tidak lancarnya arus lalu lintas. Taman Sangkareang merupakan salah satu kawasan yang berada pada pusat Kota Mataram yang menjadi salah satu fasilitas umum bagi masyarakat. Hal ini berakibat pada peningkatan terhadap hambatan samping pada ruas-ruas jalan sekitar Taman Sangkareang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai hambatan samping dan kinerja jalan pada ruas jalan sekitar Taman Sangkareang yaitu Jalan Flamboyan dan Jalan Pelita. Selanjutnya penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh hambatan samping tersebut terhadap kinerja jalan yang digambarkan dengan kecepatan dan derajat kejenuhan. Hasil penelitian pada ruas jalan Flamboyan memiliki nilai hambatan samping, kecepatan, dan derajat kejenuhan tertinggi sebesar 814,8 kejadian/jam, 32,53 km/jam, dan 0,09. Pada ruas jalan Pelita nilai hambatan samping, kecepatan, dan derajat kejenuhan tertinggi secara berturut-turut yaitu sebesar 1614,6 kejadian/jam, 30,90 km/jam, dan 0,16. Hasil analisis regresi secara simultan didapatkan bahwa hambatan samping berpengaruh terhadap kecepatan dan derajat kejenuhan. Hasil analisis regresi secara parsial menunjukkan bahwa pada jalan Flamboyan, variabel hambatan samping yang paling berpengaruh terhadap kecepatan dan derajat kejenuhan yaitu Kendaraan Lambat (SMV) sedangkan pada jalan Pelita, variabel hambatan samping yang paling berpengaruh terhadap kecepatan dan derajat kejenuhan yaitu kendaraan keluar masuk (EEV) yang diikuti oleh variabel kendaraan parkir dan berhenti (PSV)
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Hambatan samping, kecepatan, derajat kejenuhan |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik |
Depositing User: | Meike Megawati |
Date Deposited: | 27 Jan 2023 00:27 |
Last Modified: | 27 Jan 2023 00:27 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/34828 |
Actions (login required)
View Item |