EVALUASI KINERJA SIMPANG TAK BERSINYAL SEBELUM DAN SESUDAH PEMASANGAN MEDIAN (Studi Kasus : Simpang Empat Kediri Di Jalan TGH Ibrahim Kholidi, Kecamatan Kediri, Kabupaten Lombok Barat)

NURFAUZIAH, AKBAR (2023) EVALUASI KINERJA SIMPANG TAK BERSINYAL SEBELUM DAN SESUDAH PEMASANGAN MEDIAN (Studi Kasus : Simpang Empat Kediri Di Jalan TGH Ibrahim Kholidi, Kecamatan Kediri, Kabupaten Lombok Barat). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI NURFAUZIAH AKBAR (F1A017126).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Simpang empat tak bersinyal Kediri terletak di Kecamatan Kediri Kabupaten Lombok Barat merupakan salah satu simpang tak bersinyal yang lokasinya sangat dekat dengan pusat kegiatan masyarakat. Disamping itu juga terdapat pusat pendidikan dan kondisi lalu lintas di simpang ini cukup padat setiap harinya. Tingkat mobilitas orang maupun barang menggunakan kendaraan ringan maupun berat terlihat ramai di simpang tersebut. Median jalan merupakan bagian tengah badan jalan yang secara fisik memisahkan arus lalu lintas yang berlawanan arah. Oleh karena itu penggunaan median pada jalan berpengaruh terhadap kelancaran lalu lintas, yaitu bisa mengurangi tundaan, peluang antrian, hambatan samping, menurunkan angka kecelakaan serta memberi kenyamanan bagi pemakai jalan, sehingga pengguna jalan merasa aman dan tertib. Oleh karena itu pemerintah merencanakan pembuatan median jalan. Penelitian ini menganalis kinerja simpang tak bersinyal sebelum dan sesudah pemasangan median, meliputi volume, hambatan samping,peluang antrian, tundaan dan derajat kejenuhan, dengan menggunaan metode MKJI 1997. Hasil analisis pada simpang tak bersinyal sebelum pemasangan median diperoleh kapasitas sebesar 3061,5 smp/jam, derajat kejenuhan sebesar 0,979 (Tingat Pelayanan D),tundaan sebesar 14,885 det/smp , peluang antrian sebesar 36,361% dan hambatan samping yaitu sebesar 881,9 kejadian/jam. Sedangkan pada tipe simpang tak bersinyal sesudah pemasangan median memiliki kapasistas sebesar 3330,5 smp/jam derajat kejenuhan sebesar 0,729 (Tingat Pelayanan C) tundaan sebesar 12,654 det/smp, peluang antrian sebesar 21,942% dan hambatan samping sebesar sebesar 629,2 kejadian/jam. Kinerja simpang empat Kediri di jalan TGH Ibrahim Kholidi kecamatan Kediri Kabupaten Lombok Barat sebelum pemasangan median lebih rendah dari pada tipe simpang sesudah pemasangan median. Disimpulkan juga bahwa penamaan tipe simpang yaitu tipe 422 (sebelum pemsangan median), dan 424 M (sesudah pemasangan median).

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Volume Lalu Lintas, Kapasitas, Derajat Kejenuhan, Tundaan, dan Hambatan Samping.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 27 Jan 2023 02:47
Last Modified: 27 Jan 2023 02:47
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/34840

Actions (login required)

View Item View Item