HUBUNGAN KEBIASAAN SARAPAN DENGAN KONSENTRASI BELAJAR SISWA SDN 04 BAJUR LABUAPI LOMBOK BARAT

EGGI DIAN, SYAFRAINI (2023) HUBUNGAN KEBIASAAN SARAPAN DENGAN KONSENTRASI BELAJAR SISWA SDN 04 BAJUR LABUAPI LOMBOK BARAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
KARYA TULIS ILMIAH EGGI DIAN SYAFRAINI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Latar Belakang: Upaya membangun dan mengembangkan potensi sumber daya manusia sebagai penerus kepemimpinan bangsa dapat dilakukan dengan meningkatkan pelayanan dan penyediaan infrastruktur pendidikan yang layak dan baik, hal tersebut bisa berjalan efektif dengan didukung oleh kualitas asupan gizi yang cukup untuk mendorong tingkat konsentrasi belajar dan mendukung daya kerja otak lebih maksimal. Oleh sebab itu penelitian ini diakukan pengujian dan anlisis atas Hubungan Kebiasaan Sarapan Dengan Konsentrasi Belajar Siswa SDN 04 Bajur Labuapi Lombok Barat Metode: Jenis penelitian yang dilakukan adalah analitik observasional dengan studi cross-sectional. Subjek penelitian adalah siswa kelas III, kelas IV dan kelas V SDN 04 Bajur Labuapi Lombok Barat yang memenuhi kriteria inklusi serta tidak menjadi bagian dari kriteria eksklusi. Pengumpulan data dilakukan dengan pengisian kuesioner langsung oleh responden dengan teknik analisis univariat yang dalam analisis ini hanya menggunakan distibusi dan persentase dari tiap variabel serta analisis bivariat yang dalam penelitian ini adalah Uji Korelasi Spearman. Hasil : Berdasarkan hasil dari uji korelasi Spearman antara kebiasaan sarapan dan konsentrasi belajar siswa kelas III, kelas IV dan kelas V SDN 04 Bajur Labuapi didapatkan nilai signifikansi sebesar 0,038 (p < 0,05) artinya terdapat hubungan yang bermakna antara dua variabel yang diuji. Hal ini menunjukkan bahwa Ho ditolak dan H1 diterima, yaitu terdapat hubungan positif dan signifikan antara kebiasaan sarapan dan konsentrasi belajar siswa SDN 04 Bajur Labuapi. Selain itu, pada uji korelasi tersebut didapatkan kekuatan korelasi (r) sebesar 0,289 yang menandakan bahwa kekuatan antara kebiasaan sarapan dan konsentrasi belajar siswa SDN 04 Bajur Labuapi termasuk dalam kategori kekuatan korelasi sedang. Kesimpulan: Kebiasaan sarapan dengan kosentrasi belajar dalam penelitian ini dinilai memiliki hubungan positif yang berorientasi pada kegiatan belajar yang maksimal, mengingat kualitas kerja otak dan ketahanan fisik didukung oleh nutrisi yang disediakan oleh sarapan terutama bila dilakukan secara rutin dan teratur, maka penting sarapan dijadikan sebagai indikator kuat dan utama guna meningkatkan kualitas sumber daya pada siswa kelas III, kelas IV dan kelas V SDN 04 Bajur Labuapi,

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kebiasaan sarapan dan kosentrasi belajar
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 27 Jan 2023 02:47
Last Modified: 27 Jan 2023 02:47
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/34843

Actions (login required)

View Item View Item