EFISIENSI PEMASARAN DAGING SAPI (STUDI KASUS PADA PEMOTONGAN DI KECAMATAN KOPANG KABUPATEN LOMBOK TENGAH)

Padli, Padli (2017) EFISIENSI PEMASARAN DAGING SAPI (STUDI KASUS PADA PEMOTONGAN DI KECAMATAN KOPANG KABUPATEN LOMBOK TENGAH). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI Efisiensi Pemasaran Daging Sapi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Kopang dengan metode survei selama 2 bulan mulai bulan Mei hingga Juni 2017 dengan menggunakan data primer dan data sekunder. Responden pejagal diambil secara simple random sampling, responden pedagan eceran pasar diambl secara snowball sampling, dan responden konsumen diambil secara incidental sampling. Hasil dari penelitian ini diketahui saluran pemasaran sapi yang terbentuk yaitu saluran pemasaran 1 terdiri dari Peternak-Pengusaha Jagal. Saluran pemasaran 2 terdiri dari Peternak-Saudagar Sapi/Belantik-Pengusaha Jagal. Selain itu saluran pemasaran daging sapi yang terbentuk di lokasi penelitian yaitu saluran pemasaran 1 terdiri dari Produsen-Konsumen, Saluran pemasaran 2 terdiri dari Produsen-Pedagang Eceran Pasar-Konsumen. Saluran pemasaran 3 terdiri dari Produsen-Pedagang Eceran Pasar-Pedagang Eceran Keliling-Konsumen. Struktur pasar yang terbentuk dari sisi produsen (pengusaha jagal) adalah pasar monopoli, struktur pasar yang terbentuk dari pedagang eceran pasar adalah pasar oligopoli dan pasar yang terbentuk dari pedagang eceran keliling adalah pasar oligopoli. Fungsi-fungsi pemasaran yang dilakukan lembaga pemasaran adalah: fungsi pemasaran produsen yaitu pembelian, penjualan, pengangkutan, standardisasi dan grading, biaya pemasaran, pengambilan resiko dan penelitian pasar, fungsi pemasaran pedagang eceran pasar yaitu pembelian, penjualan, penyimpanan pengangkutan, standardisasi dan grading, biaya pemasaran, pengambilan resiko dan penelitian pasar, fungsi pemasaran pedagang eceran keliling yaitu pembelian, penjualan, pengangkutan, biaya pemasaran, pengambilan resiko dan penelitian pasar. Marjin pemasaran yang diperoleh lembaga pemasaran yang terlibat adalah: marjin pemasaran di tingkat produsen yaitu sebesar Rp. 17.567/kg dengan persentase marjin sebesar 15,97%, marjin pemasaran pedagang eceran pasar yaitu sebesar Rp. 12.000/kg dengan persentase marjin sebesar 10,91%, dan marjin pemasaran di tingkat pedagang eceran keliling yaitu sebesar Rp. 10.000/kg dengan persentase 9,09%. Persentase bagian yang diperoleh peternak (farmer;s share) atas pemasaran daging sapi pada saluran pemasaran 1, saluran pemasaran 2, saluran pemasaran 3 adalah masing-masing sebesar 82, 07%, 73,12%

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Efisiensi Pemasaran, Daging Sapi
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 03 May 2018 06:24
Last Modified: 03 May 2018 06:24
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/3485

Actions (login required)

View Item View Item