PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK MATERI ZAT ADITIF DAN ZAT ADIKTIF BERBASIS SOCIO-SCIENTIFIC ISSUES (SSI) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN ARGUMENTASI ILMIAH DAN PEMAHAMAN KONSEP IPA PESERTA DIDIK SMP

AYUDYA, LESTARI (2023) PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK MATERI ZAT ADITIF DAN ZAT ADIKTIF BERBASIS SOCIO-SCIENTIFIC ISSUES (SSI) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN ARGUMENTASI ILMIAH DAN PEMAHAMAN KONSEP IPA PESERTA DIDIK SMP. S2 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TESIS_AYUDYA_LESTARI_I2E020031_PASCASARJANA_2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul elektronik materi zat aditif dan zat adiktif berbasis socio-scientific issues (SSI) untuk meningkatkan kemampuan argumentasi ilmiah dan pemahaman konsep IPA peserta didik SMP. Pengembangan modul elektronik mengadopsi model pengembangan ADDIE (Analyse, Design, Develop, Implementation, and Evaluation). Subjek uji coba pada penelitian adalah peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 2 Mataram tahun ajaran 2022/2023. Instrumen kelayakan menggunakan angket kelayakan, instrumen kepraktisan menggunakan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, angket respon guru, dan angket respon peserta didik, serta instrumen efektivitas menggunakan tes kemampuan argumentasi ilmiah dan tes pemahaman konsep IPA. Data kelayakan dan data kepraktisan dianalisis menggunakan persamaan persentase, sedangkan data efektivitas dianalisis menggunakan uji N-Gain dan uji non paramterik Mann-Whitney U. Hasil uji kelayakan menunjukkan bahwa modul elektronik memiliki kriteria sangat layak (86,33%) untuk digunakan dalam pembelajaran IPA. Hasil uji kepraktisan menunjukkan modul elektronik terbukti sangat praktis (82,79%) digunakan bagi guru (87,08%), peserta didik (81,48%), dan proses pembelajaran (79,80%). Hasil uji Mann-Whitney U menunjukkan ada perbedaan signifikan terhadap peningkatan pemahaman konsep IPA (Sig.0,004<0,05) antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Dapat disimpulkan bahwa modul elektronik terbukti efektif untuk meningkatkan kemampuan argumentasi ilmiah dan pemahaman konsep IPA peserta didik SMP

Item Type: Thesis (S2)
Keywords (Kata Kunci): modul elektronik, socio-scientific issues, argumentasi ilmiah, pemahaman konsep IPA, zat aditif, zat adiktif
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 29 Jan 2023 23:22
Last Modified: 29 Jan 2023 23:22
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/34851

Actions (login required)

View Item View Item