PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP LITERASI SAINS PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 1 KOPANG

KAMA, RIAH (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP LITERASI SAINS PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 1 KOPANG. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI KAMARIAH NIM E1A017037.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap literasi sains peserta didik di SMA Negeri 1 Kopang. Jenis Penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Metode pendekatan eksperimen pada penelitian ini adalah quasy experiment dengan pretest-posttest control group design. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Kopang. Teknik penentuan sampel menggunakan random sampling. Sampel pada penelitian adalah peserta didik kelas XI MIPA 2 dan XI MIPA 3 yang berjumlah 58 orang. Pengumpulan data literasi sains menggunakan instrumen tes berupa multiple choice. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah uji prasyarat dan uji hipotesis. Uji prasyarat penelitian ini terdiri dari uji normalitas, uji homogenitas, dan uji linearitas, sedangkan uji hipotesis menggunakan uji Anacova. Uji Anacova didapatkan hasil bahwa nilai Fhitung > Ftabel atau 7,543 > 2,380 yang dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya, model project based learning memberikan pengaruh signifikan terhadap literasi sains peserta didik di SMA Negeri 1 Kopang tahun ajaran 2022/2023

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Project Based Learning (PjBL), Literasi Sains, Model Pembelajaran
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 30 Jan 2023 23:07
Last Modified: 30 Jan 2023 23:07
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/34905

Actions (login required)

View Item View Item