PERANCANGAN USER INTERFACE DAN USER EXPERIENCE APLIKASI PENGELOLAAN KEUANGAN BUM DESA DI KEK MANDALIKA MENGGUNAKAN DESIGN THINKING (STUDI KASUS: DESA KUTA)

Fritzie Primananda, Adi Praja (2023) PERANCANGAN USER INTERFACE DAN USER EXPERIENCE APLIKASI PENGELOLAAN KEUANGAN BUM DESA DI KEK MANDALIKA MENGGUNAKAN DESIGN THINKING (STUDI KASUS: DESA KUTA). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Laporan Tugas Akhir II_Fritzie Primananda Adi Praja_F1D019027.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18MB)

Abstract

BUM Desa Putri Nyale Kuta di Desa Kuta merupakan salah satu desa di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika yang terletak di Desa Kuta. BUM Desa Putri Nyale Kuta sempat menggunakan sebuah aplikasi untuk mengelola keuangan berbasis desktop, namun penggunaanya masih sulit dipahami oleh pengelola BUM Desa. Selain itu aplikasinya hanya bisa di akses secara lokal di komputer. Untuk itu diperlukan sebuah aplikasi yang lebih mudah untuk digunakan dan dapat diakses di manapun oleh pengelola BUM Desa sebagai penunjang untuk mengelola keuangan. Penelitian ini akan merancang sebuah user interface (UI) dan user experience (UX) dari website yang digunakan untuk mengelola keuangan pada BUM Desa hingga tahap prototype hasil pengodean. Desain dirancang menggunakan metode design thinking yang terdiri dari 5 tahap yaitu emphatize, define, ideate, prototype dan test. Pengujian konsep dilakukan dengan menggunakan metode sequential monadic dan pengujian usabilitas menggunakan System Usability Scale (SUS) untuk dapat mengetahui keterjawaban masalah terhadap UI dan UX yang dirancang. Pengujian melibatkan sebanyak lima responden yang merupakan pengelola keuangan BUM Desa Putri Nyale Kuta. Hasil pengujian konsep menunjukkan bahwa konsep dinilai memiliki keunikan dan perbandingan yang cukup baru, sangat menarik dan disukai, sangat berguna, sangat dipercaya, serta sangat relevan. Hasil pengujian SUS mendapatkan skor 72,5 yang masuk ke dalam kategori “acceptable” dan “good”

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pengelolaan Keuangan BUM Desa, User Interface, User Experience, Design Thinking, Concept Testing, Usability Testing
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 30 Jan 2023 23:07
Last Modified: 30 Jan 2023 23:07
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/34908

Actions (login required)

View Item View Item