PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL PERUBAHAN KONSEPTUAL UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP TEORI KINETIK GAS PESERTA DIDIK

BAIQ ARUM, KUSUMAYATI (2023) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL PERUBAHAN KONSEPTUAL UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP TEORI KINETIK GAS PESERTA DIDIK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI Baiq Arum Kusumayati.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan pengembangan perangkat pembelajaran model perubahan konseptual pada materi teori kinetik gas yang layak, praktis, dan efektif untuk meningkatkan penguasaan konsep. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D) dengan model penelitian yang dikembangkan adalah 4D model yang terdiri dari tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), dan Instrumen tes penguasaan konsep. Kelayakan ditinjau oleh 6 validator yang terdiri dari 3 validator ahli dan 3 validator praktisi. Kepraktisan ditinjau dari hasil respon peserta didik dan keterlaksanaan pembelajaran. Keefektifan ditinjau dari hasil uji coba terbatas pada 1 kelas MIPA SMAN 1 Kediri. Instrumen penelitian terdiri atas Silabus, RPP, LKPD, lembar validasi, angket respon peserta didik, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, dan Instrumen tes penguasaan konsep. Teknik analisis data terdiri atas deskriftif kuantitatif , persentage of agreement, dan uji N-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran layak digunakan dengan persentase validitas mencapai 82,46% dan kriteria valid serta reliabilitas penelitian mencapai >75% dengan kriteria reliabel. Hasil penelitian ini praktis karena peserta didik memberi respon positif dan keterlaksanaan pembelajaran mencapai kritera sangat baik. Penelitian ini juga efektif karena adanya peningkatan penguasaan konsep peserta didik dengan rata-rata skor N-gain yaitu 0,60 dengan kriteria sedang. Kesimpulannya yaitu perangkat pembelajaran model perubahan konseptual layak, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan penguasaan konsep teori kinetik gas peserta didik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): pengembangan perangkat pembelajaran, model perubahan konseptual, penguasaan konsep
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 30 Jan 2023 23:25
Last Modified: 30 Jan 2023 23:25
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/34910

Actions (login required)

View Item View Item