PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA PESERTA DIDIK

IZZATUN, NIDDA (2023) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA PESERTA DIDIK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI IZZATUN NIDDA (E1Q016028).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran model inkuiri terbimbing yang layak, praktis dan efektif digunakan untuk meningkatkan penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah fisika peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan 4D Models. Subjek yang digunakan yaitu peserta didik kelas XI MIA 4 SMAN 8 Mataram. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket validasi, angket respon peserta didik dan keterlaksanaan pembelajaran, serta alat evaluasi produk yang dikembangkan. Hasil analisis validitas rata-rata keseluruhan perangkat pembelajaran memiliki persentase 82,27% dengan kriteria valid yang berarti produk yang dikembangkan layak digunakan. Hasil kepraktisan diperoleh dari angket respon peserta didik dan keterlaksanaan pembelajaran. Angket respon peserta didik terhadap LKPD dan alat evaluasi memiliki persentase masing-masing sebesar 87,31% dan 84,38% dengan kategori sangat praktis. Nilai yang diperoleh dari hasil keterlaksanaan pembelajaran yang dirata-ratakan sebesar 3,5 dengan kriteria baik yang berarti proses pembelajaran dilaksanakan sesuai RPP. Hasil keefektifan perangkat pembelajaran diperoleh dari nilai rata-rata uji N-gain alat evaluasi sebesar 0,42 dengan kriteria sedang yang berarti produk yang dikembangkan efektif untuk digunakan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah diperoleh, dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran model inkuiri terbimbing yang dikembangkan layak, praktis, dan efektif untuk meningkatkan penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah fisika peserta didik pada materi elastisitas dan hukum Hooke

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pengembangan Perangkat Pembelajaran, Model Inkuiri Terbimbing, Penguasaan Konsep, Kemampuan Pemecahan Masalah.
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 31 Jan 2023 00:28
Last Modified: 31 Jan 2023 00:28
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/34914

Actions (login required)

View Item View Item