STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN NTB MALL DALAM MEMASARKAN PRODUK UMKM LOKAL NTB

Zahratul, Hayati (2023) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN NTB MALL DALAM MEMASARKAN PRODUK UMKM LOKAL NTB. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI ZAHRATUL HAYATI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL ZAHRA.pdf

Download (145kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran NTB Mall dalam memasarkan produk UMKM lokal NTB. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode wawancara semi terstruktur, observasi non partisipan, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik Miles & Huberman diawali dengan pengumpulan data, reduksi data, analisis data, dan pengambilan kesimpulan. Dalam menguji data dilakukan dengan triangulasi teknik. Penelitian fokus pada strategi komunikasi pemasaran NTB Mall secara offline. Melalui penelitian ini ditemukan bahwa NTB Mall menjalankan strategi komunikasi pemasaran untuk memasarkan produk UMKM NTB melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Perencanaan dari NTB Mall dilakukan dengan menganalisis masalah, identifikasi khalayak, merumuskan tujuan komunikasi, pemilihan media dan saluran. Bentuk strategi komunikasi pemasaran offline yang dijalankan yaitu periklanan, promosi penjualan, hubungan masyarakat & publisitas, penjualan personal, pemasaran langsung, acara & pengalaman, mulut ke mulut. Evaluasi dilakukan dengan cara evaluasi program dan manajemen.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Strategi komunikasi pemasaran, tahapan strategi komunikasi pemasaran, UMKM
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 31 Jan 2023 00:29
Last Modified: 31 Jan 2023 00:29
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/34917

Actions (login required)

View Item View Item