PERAN DAN STRATEGI KELOMPOK TANI DALAM MENGHADAPI PERUBAHAN IKLIM DI DESA MASBAGIK SELATAN KECAMATAN MASBAGIK KABUPATEN LOMBOK TIMUR

Citra, Arsianty (2023) PERAN DAN STRATEGI KELOMPOK TANI DALAM MENGHADAPI PERUBAHAN IKLIM DI DESA MASBAGIK SELATAN KECAMATAN MASBAGIK KABUPATEN LOMBOK TIMUR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi CitraA FIX.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
J_Citra Arsianty_Peran dan Strategi Kelompok Tani dalam Menghadapi Perubahan Iklim di Desa Masbag.pdf

Download (253kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Peran kelompok tani dalam menghadapi perubahan iklim di Desa Masbagik Selatan, (2) Strategi adaptasi petani anggota kelompok tani dalam menghadapi perubahan iklim di Desa Masbagik Selatan. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif, lokasi penelitian ditentukan dengan purposive sampling yaitu di Desa Masbagik Selatan. Responden dari penelitian ini adalah seluruh kelompok tani yang ada di Desa Masbagik Selatan dan ditentukan secara Quota sampling sebanyak 40 orang dengan pengurus ditentukan secara purposive sampling 2 orang dan anggota ditentukan dengan proporsional random sampling. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif, skala likert dan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Peran kelompok tani dalam menghadapi perubahan iklim mencapai skor 47 dari 43-59 skor maksimal. Hal ini menggambarkan bahwa keseluruhan aspek peran kelompok tani pada kategori cukup berperan dalam menghadapi perubahan iklim. Mulai dari peran kelompok tani sebagai kelas belajar dan wahana kerjasama mendapatkan pencapaian berperan. Sedangkan untuk peran kelompok tani sebagai unit produksi mendapatkan pencapaian tidak berperan. (2) Jumlah anggota kelompok tani yang mengetahui tentang fenomena perubaan iklim hanya sebesar 48%. Pola adaptasi yang dilakukan petani adalah dengan menggeser waktu tanam (27,5%), mengubah pola tanam (70%), mengubah teknik pengairan dan drainase (47,5%), mengubah teknik pengolahan tanah (57,5%) dan mengubah teknik pengendalian OPT (67,5%).

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kelompok Tani, Petani, Perubahan Iklim
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 31 Jan 2023 05:00
Last Modified: 31 Jan 2023 05:00
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/34928

Actions (login required)

View Item View Item