ANALISIS SUDUT BELOK DAN KECEPATAN TERHADAP RADIUS BELOK MOBIL LISTRIK

ANDRIAN SUCI, RAHMAWAN (2023) ANALISIS SUDUT BELOK DAN KECEPATAN TERHADAP RADIUS BELOK MOBIL LISTRIK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Tugas Akhir (Andrian - F1C018008).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Periode 2013-2017 tercatat suatu peningkatan cukup besar pada seluruh jenis kendaraan yakni 7,40% di setiap tahun. Perkembangan teknologi otomotif yang semakin pesat menuntut peningkatan performa mobil listrik dari segala aspek seperti kenyamanan, keamanan, dan kestabilan. Salah satu aspek penting dalam perancangan mobil adalah sistem kemudi yang mempengaruhi respon gerak kemudi kendaraan terhadap input roda kemudi dan berpengaruh besar terhadap kenyamanan juga keamanan. Menurut data dari BPS, seiring dengan bertambahnya jumlah mobil berbanding lurus dengan angka kecelakaan yang terjadi yaitu 117.949 kasus dan ini naik sekitar 8,3% setiap tahunnya, sebagian besar terjadi karena kelalaian pengemudi dan kurangnya stabilitas kendaraan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui radius belok pada variasi keepatan dan sudut belok mobil listrik serta mengetahui rasio sudut putar terhadap sudut belok mobil listrik. Terdapat dua tahapan yang dilakukan yaitu tahap analisis dan pengujian. Pada tahap analisis dilakukan beberapa perhitungan berdasarkan analisa slip untuk mendapatkan besar radius belok pada variasi kecepatan dan sudut belok, dan rasio sudut putar terhadap sudut belok mobil listrik. Pada tahap pengujian dilakukan dengan menentukan sudut putar steer berdasarkan besar sudut belok yang sudah ditentukan. Uji jalan dilakukan pada jalan tanah dan dilakukan dengan tiga sudut belok pada satu kecepatan, hasil yang didapatkan dari analisis akan dibandingkan dengan hasil uji jalan. Hasil penelitian pada tugas akhir ini adalah pada kecepatan 30 Km/Jam dengan sudut belok 150, 200, 240 didapatkan hasil analisis yaitu 9 m, 6,67 m, 5,5 m dan hasil eksperimen yaitu 9,44 m, 7,21 m, dan 5,75 m. Pada kecepatan 40 Km/Jam dengan sudut belok 150, 200, 240 didapatkan hasil analisis yaitu 9 m, 7,05 m, 5,8 m dan hasil eksperimen yaitu 9,5 m, 7,85 m, dan 6,42 m. Pada kecepatan 50 Km/Jam dengan sudut belok 150, 200, 240 didapatkan hasil analisis yaitu 9 m, 7,16 m, 5,9 m dan hasil eksperimen yaitu 9,5 m, 8,04 m, dan 6,75 m. Dari hasil analisis didapatkan besar rasio sudut putar terhadap radius belok yaitu 18:1, rasio tersebut menggambarkan bahwa roda depan pada sisi dalam akan berbelok 10 saat roda kemudi berputar 180, sehingga rasio kemudi mobil listrik ini masih dinyatakan aman dan mengikuti standar rasio kemudi mobil pada umumnya.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Sudut slip, Radius belok, Sudut belok, Rasio kemudi.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 31 Jan 2023 05:00
Last Modified: 31 Jan 2023 05:00
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/34929

Actions (login required)

View Item View Item