RANCANG BANGUN ANTENA MIKROSTRIP PATCH RECTANGULAR ARRAY 2×1 MENGGUNAKAN DOUBLE REFLEKTOR DEFECTED GROUND STRUCTURE PADA FREKUENSI 915 MHz UNTUK APLIKASI LONG RANGE (LORA)

ILHAMI, PRAMADITYA (2023) RANCANG BANGUN ANTENA MIKROSTRIP PATCH RECTANGULAR ARRAY 2×1 MENGGUNAKAN DOUBLE REFLEKTOR DEFECTED GROUND STRUCTURE PADA FREKUENSI 915 MHz UNTUK APLIKASI LONG RANGE (LORA). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
LAPORAN TA ILHAMI PRAMADITYA (F1B018077).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan teknologi komunikasi saat ini berkembang secara cepat, banyak kegiatan manusia sudah memanfaatkan Internet of Things (IoT). Salah satu modul IoT yang sedang berkembang adalah teknologi LoRa (Long Range), komunikasi LoRa menggunakan gelombang radio sehingga dibutuhkan antena untuk menjembatani pengiriman data agar sampai ke receiver. Salah satu parameter penting antena agar LoRa bekerja secara maksimal adalah gain agar jangkauan LoRa semakin jauh. Berbagai macam antena sudah dikembangkan dan salah satu antena yang digunakan yaitu antena mikrostrip. Pada penelitian ini merancang antena mikrostrip rectangular patch array dengan double reflector Defected Ground Structure (DGS) dimana pada reclector pertama dibuat dengan DGS berbentuk persegi, sedangkan pada reflector kedua menggunakan DGS yang sama dengan patch yang dibuat. Hasil dari penelitian ini antena mikrostrip dapat bekerja pada frekuensi 915 MHz dengan gain 4,958 dBi, return loss -20,587 dB, VSWR 1,206 dan bandwidth sebesar 20 MHz. Pola radiasi yang dihasilkan direksional dengan polarisasi melingkar. Hasil pengukuran jarak jangkau dengan LoRa, pada kondisi Non Line of Sight antena rancangan dapat menjangkau hingga 500 meter dengan rata-rata RSSI -121,5 dBm. Sedangkan pada kondisi Line of Sight antena rancangan dapat menjangkur hingga 700 meter dengan rata-rata RSSI -119,25 dBm

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 31 Jan 2023 23:15
Last Modified: 31 Jan 2023 23:15
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/34932

Actions (login required)

View Item View Item