HUBUNGAN ANTARA KONDISI SOSIAL EKONOMI KELUARGA DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DI MAN 2 MATARAM

HAYA, FAUZIAH (2023) HUBUNGAN ANTARA KONDISI SOSIAL EKONOMI KELUARGA DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DI MAN 2 MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI HAYA FAUZIAH E1A017031.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu unsur penting kemajuan bangsa untuk meningkatkan sumber daya manusia yang produktif dengan mengembangkan potensi akademik siswa. Prestasi akademis siswa dapat dilihat dari keberhasilan belajar siswa di sekolah. Salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa adalah motivasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat sosial ekonomi keluarga, mendeskripsikan motivasi belajar siswa, mengetahui perbedaan motivasi belajar siswa antar tingkatan kelas, dan hubungan antara kondisi sosial ekonomi keluarga dan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran biologi di MAN 2 Mataram. Subjek pada penelitian ini ialah seluruh siswa kelas X, XI dan XII jurusan MIPA di MAN 2 Mataram. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Instrumen yang digunakan berupa angket kondisi sosial ekonomi keluarga dan angket motivasi belajar siswa pada mata pelajaran biologi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi sosial ekonomi keluarga siswa tergolong dalam kategori baik dengan rata-rata persentase (±SD) sebesar 72,84% (±8,06). Secara keseluruhan, 61,16% siswa memiliki kondisi sosial ekonomi keluarga yang baik, dan tidak dijumpai adanya siswa yang berasal dari keluarga dengan kondisi sosial ekonomi dalam kategori sangat kurang. Motivasi belajar siswa pada mata pelajaran biologi tergolong tinggi dengan rata-rata persentase (±SD) yaitu 76,78% (±9,39). Secara keseluruhan, 59,71% siswa memiliki motivasi belajar biologi yang tinggi. Tidak terdapat perbedaan motivasi belajar siswa yang signifikan antar tingkatan kelas pada mata pelajaran biologi. Ada korelasi positif yang signifikan antara kondisi sosial ekonomi keluarga dan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran biologi (rxy = 0,246) yang berarti jika kondisi sosial ekonomi keluarga rendah maka motivasi belajar siswa juga rendah, begitupun sebaliknya.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Motivasi belajar, Kondisi sosial ekonomi keluarga, Mata pelajaran biologi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 31 Jan 2023 23:15
Last Modified: 31 Jan 2023 23:15
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/34934

Actions (login required)

View Item View Item