PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN VIDEO ANIMASI POWTOON TERHADAP HASIL BELAJAR DAN LITERASI SAINS SISWA KELAS XI IPA DI MAN 2 MATARAM

MAZIYA, MALKAN (2023) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN VIDEO ANIMASI POWTOON TERHADAP HASIL BELAJAR DAN LITERASI SAINS SISWA KELAS XI IPA DI MAN 2 MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI MAZIYA MALKAN_E1A019063.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning berbantuan video animasi powtoon terhadap hasil belajar dan literasi sains siswa kelas XI IPA di MAN 2 Mataram. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Metode eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experimental (eksperimen semu). Desain penelitian yang digunakan adalah non-equivalent control group design. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling, yakni kelas XI IPA 3 dan XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen serta kelas XI IPA 2 dan XI IPA 5 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengukur hasil belajar dan literasi sains siswa adalah tes berupa soal pilihan ganda. Data dianalisis menggunakan uji analisis kovarian (anakova) dengan taraf signifikansi 5% dengan bantuan aplikasi SPSS 25. Berdasarkan hasil uji hipotesis pada kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukkan adanya pengaruh penerapan model problem based learning berbantuan video animasi powtoon terhadap hasil belajar dan literasi sains siswa kelas XI IPA di MAN 2 Mataram.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): problem based learning, powtoon, hasil belajar, literasi sains.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 31 Jan 2023 23:15
Last Modified: 31 Jan 2023 23:15
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/34935

Actions (login required)

View Item View Item