ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA DI TINJAU DARI TAHAPAN POLYA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 16 MATARAM TAHUN AJARAN 2021/2022

Krismonica, Mawardi (2023) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA DI TINJAU DARI TAHAPAN POLYA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 16 MATARAM TAHUN AJARAN 2021/2022. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi_Krismonica Mawardi_E1R116021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII.C SMP Negeri 16 Mataram dalam menyelesaikan soal cerita materi perbandingan. Jenis Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dirancang untuk mengetahui tingkat kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dalam pokok bahasan perbandingan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 16 Mataram dengan jumlah 127 siswa. Adapun teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik nonprobability sampling dengan jenis sampling purposive. Pengumpulan data berupa tes dan wawancara. Instrumen yang digunakan berupa tes kemampuan pemecahan masalah yang berjumlah 2 soal. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif, Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kemampuan pemecahan masalah siswa sebagian besar pada kategori rendah rata-rata yaitu 54,38. Tingkat kemampuan pemecahan masalah matematika dikelompokkan menjadi tiga kategori, dari 25 siswa diperoleh bahwa 1 siswa berkemampuan pemecahan masalah tinggi atau dengan persentase (4%), siswa yang berkemampuan pemecahan masalah sedang sebanyak 15 siswa (60%), dan siswa yang berkemampuan pemecahan masalah rendah sebanyak 9 siswa (36%)

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kemampuan Pemcahan Masalah, Model Polya, Soal Cerita
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 01 Feb 2023 03:44
Last Modified: 01 Feb 2023 03:44
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/34943

Actions (login required)

View Item View Item