STRATEGI PENGEMBANGAN AGROINDUSTRI TAHU DAN TEMPE DI KECAMATAN JONGGAT KABUPATEN LOMBOK TENGAH

Irwan, Rohadi (2023) STRATEGI PENGEMBANGAN AGROINDUSTRI TAHU DAN TEMPE DI KECAMATAN JONGGAT KABUPATEN LOMBOK TENGAH. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI IRWAN ROHADI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL IRWAN ROHADI.pdf

Download (363kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahi faktot internal dan eksternal yang mempengaruhi pemasaran agroindustri tahu dan tempe di Kecamatan Jonggat Kabupaten Lombok tengah. (2) Untuk mengetahui strategi pengembangan agroindustri tahu dan tempe di Kecamatan Jonggat Kabupaten Lombok Tengah. (3) Untuk mengetahui kendala yang dihadapi agroindustri tahu dan tempe di Kecamatan Jonggat Kabupaten Lombok Tengah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan unit analisis agroindustri tahu dan tempe. Lokasi penelitian ini di tetapkan di 3 Desa yang ada di Kecamatan Jonggat Kabupaten Lombok Tengah yaitu Desa Pengenjek, Desa Puyung dan Desa Jelantik. Penentuan daerah sampel penelitian ditetapkan metode Purposive Sampling. Responden dalam penelitian ini adalah pengusaha dan konsumen tahu dan tempe. Penentuan jumlah responden dalam penelitian ini dilakukan dengan metode sensus. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dan kualitatif. Adapun sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Teknik pemngumpulan data yaitu melalui observasi, wawancara, kuisioner dan dokumetasi. Analisis data yang digunakan adalah analisi staregi menggunakan SWOT. Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) Analisis faktor internal dan eksternal pada usaha agroindustri tahu dan tempe di Kecamatan Jonggat Kabupaten Lombok Tengah meliputi Kekuatan: (a) harga jual produk murah, (b) tidak menggunakan bahan pengawet, (c) pengalaman usaha,(d) kualitas produk bagus. Kelemahan : (a) bahan bahku mahal, (b) kurangnya manajemen usaha, (c) daya tahan produk lemah, (d) kurangnya strategi promosi, (e) keterbatasan modal usaha, (f) tidak ada sertifikasi halal, (g) tidak ada brand usaha, (h) tidak ada izin usaha. Peluang: (a) permintaan produk tinggi, (b) lokasi usaha strategis, (c) jangkauan pemasaran luas, (d) perkembangan dan kemajuan teknologi. Ancaman meliputi: (a) banyaknya pesaing baru dan (b) perubahan cuaca dan iklim.(2) Strategi yang dapat dilakukan untuk mengembangkan Usaha tahu dan tempe di Kecamatan Jonggat kabupaten Lombok Tengah adalah meningkatkan jumlah produksi, mempertahankan harga dan memperluas pangsa pasar.(3) Kendala yang dihadapi oleh pengusaha agroindustri tahu dan tempe di Kecamatan Jonggat Kabupaten Lombok Tengah dalam menjalankan usaha tahu dan tempe adalah kenaikan harga bahan baku dan perubahan cuaca.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Strategi Pengembangan, Agroindustri
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 01 Feb 2023 03:45
Last Modified: 01 Feb 2023 03:45
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/34948

Actions (login required)

View Item View Item