VIVIN, OKTAVIANTI (2023) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS VII SMPN 1 SEMBALUN TAHUN AJARAN 2021/2022. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
SKRIPSI ACC fiiixxxxxxxxxx 14 JANUARI 2023.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran berbasis masalah (PBM) ditinjau dari hasil belajar matematika siswa kelas VII SMPN 1 Sembalun pada materi himpunan tahun pembelajaran 2021/2022. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pre- eksperimen dengan desain pretest dan posttest . Penelitian dilaksanakan dalam 5 kali pertemuan dengan 3 kali pertemuan untuk proses pembelajaan menggunakan pembelajaran berbasis maslah (PBM) dan 1 kali pertemuan untuk pelaksanaan pretest, kemudian 1 kali pertemuan digunakan untuk pelaksanaan posttest. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik non probability sampling. Sampel adalah kelas VIIA sebagai kelas eksperimen yang diberikan perlakuan menggunakan desain pembelajaran berbasis masalah (PBM). Pengumpulan data dengan teknik tes dan observasi. Instrumen meliputi: tes hasil belajar pretest dan postest dan lembar observasi. Indikator keefektifan desain pembelajaran berbasis masalah yaitu jika hasil belajar siswa dengan persentase ketuntasan belajar klasikal ≥ 85%. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMPN 1 Sembalun pada materi himpunan pada tahun ajaran 2021/2022
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Pre- eksperimen ,Pembelajaran Berbasis Masalah, Hasil Belajar. |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Meike Megawati |
Date Deposited: | 02 Feb 2023 01:02 |
Last Modified: | 02 Feb 2023 01:02 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/34959 |
Actions (login required)
View Item |