PERSEPSI PETANI TERHADAP KINERJA PELAYANAN PENYULUH PERTANIAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KECAMATAN LABUHAN HAJI KABUPATEN LOMBOK TIMUR

Yusuf Rizal, Ilham (2023) PERSEPSI PETANI TERHADAP KINERJA PELAYANAN PENYULUH PERTANIAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KECAMATAN LABUHAN HAJI KABUPATEN LOMBOK TIMUR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
S_Yusuf Rizal Ilham_Persepsi Petani Terhadap Kinerja Pelayanan Penyuluhan Pertanian Di Kecamatan .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
J_Yusuf Rizal Ilham_Persepsi Petani Terhadap Kinerja Pelayanan Penyuluhan Pertanian Di Kecamatan .pdf

Download (736kB) | Preview

Abstract

Penelitian bertujuan untuk : (1) mengetahui persepsi petani terhadap kinerja penyuluh pertanian di Kecamatan Labuhan Haji Kabupaten Lombok Timur; (2) mengetahui pengaruh pandemi Covid-19 terhadap proses penyuluhan pertanian di Kecamatan Labuhan Haji Kabupaten Lombok Timur. Data di Analisis menggunakan Skala Likert, Analisis Korelasi dan Analisis Deskriptif. Jenis metode penelitian menggunakan metode kuantitatif. Sedangkan pengumpulan data menggunakan teknik survei. Penelitian ini dilaksanakan di dua tempat yaitu Desa Tirtanadi dan Kelurahan Suryawangi Kecamatan Labuhan Haji Kabupaten Lombok Timur. Unit analisis dalam penelitian ini adalah petani yang tergabung dalam kelompok tani serta menjadi objek penyuluhan. Penentuan daerah sampel menggunakan metode purposive sampling kemudian penentuan sampel menggunakan teknik proporsional random sampling. Artinya sampel ditentukan masing-masing sebanyak 15 orang sampel dari kelompok tani yang ada pada 2 desa di Kecamatan Labuhan Haji untuk menjadi responden sehingga total responden berjumlah 30 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Persepsi petani dapat diketahui melalui sembilan indikator kinerja penyuluh yaitu diantaranya ada program penyuluhan pertanian, rencana kerja penyuluh pertanian, pemetaan wilayah pengembangan teknologi dan perwilayahan komoditi unggul, penyebaran teknologi pertanian, upaya penyuluh pertanian lapangan untuk meningkatkan daya saing kelompok tani, upaya penyuluh pertanian lapangan untuk menjalin kemitraan antara petani atau kelompok tani dengan pengusaha atau pihak swasta, penyuluh pertanian lapangan membuka akses petani ke lembaga keuangan, informasi, sarana produksi pertanian dan pemasaran serta upaya peningkatan produktivitas komoditi unggul dan yang terakhir indikator peningkatan pendapatan dan kesejahteraan petani. Kinerja penyuluh pertanian yang baik akan berdampak pada perubahan sikap dan pola pikir petani dalam menerima inovasi adopsi teknologi yang disampaikan oleh penyuluh untuk meningkatkan hasil pertanian. (2) Kemudian dari hasil uji korelasi diperoleh hasil persepsi petani dari sembilan indikator menunjukkan bahwa indikator rencana kerja penyuluh pada skor tertinggi yaitu 450 sehingga masuk kategori tinggi yang artinya petani sangat puas dengan indikator rencana kerja penyuluhan pertanian. Kemudian skor paling rendah yaitu pada indikator upaya penyuluh menjalin kemitraan antara petani atau kelompok tani dengan pihak pengusaha atau swasta dengan perolehan skor 204 dan masuk dalam kategori sedang yang artinya petani puas dengan 2 upaya penyuluh untuk menjalin kemitraan antara petani atau kelompok tani dengan pihak pengusaha atau swasta.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Persepsi, Kinerja, Penyuluh, Pandemi, Covid-19, Lombok
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 02 Feb 2023 03:57
Last Modified: 02 Feb 2023 03:57
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/34969

Actions (login required)

View Item View Item