PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK

FATMA, WATI (2023) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI FATMAWATI_E1Q018024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa perangkat pembelajaran berbasis proyek untuk meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik. Desain penelitian yang digunakan adalah model 4D yang terdiri dari define, design, develop, dan disseminate. Produk yang dikembangkan berupa silabus, Rencana Pelaksanaa Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), dan instrumen lembar observasi. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi, angket respon guru, dan peserta didik terkait keterlaksanaan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran sangat valid. Nilai silabus sebesar 86%, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dengan nilai sebesar 84%, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) sebesar 86%, dan instrumen lembar observasi sebesar 85%. Kemudian, tingkat keterlaksanaan perangkat pembelajaran yang dinilai oleh guru sebesar 88% dan peserta didik sebesar 78% dengan kategori sangat praktis. Dari interpretasi data tersebut dapat disimpulkan bahwa pengembangan perangkat pembelajaran berbasis proyek sangat valid dan praktis untuk meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pengembangan perangkat pembelajaran, pembelajaran berbasis proyek, keterampilan proses sains.
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 03 Feb 2023 03:11
Last Modified: 03 Feb 2023 03:11
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/34986

Actions (login required)

View Item View Item