Hasil Turnitin Penggunaan Ekstrak Daun Jambu Biji (Psidium guajava Untuk Meningkatkan Kelangsungan Hidup Benih Ikan Kerapu Bebek Cromileptes altivelis Terhadap Serangan Bakteri Vibrio parahaemolyticus

Hurryah, Misqul and Hilyana, Siti and Mukhlis, Alis (2015) Hasil Turnitin Penggunaan Ekstrak Daun Jambu Biji (Psidium guajava Untuk Meningkatkan Kelangsungan Hidup Benih Ikan Kerapu Bebek Cromileptes altivelis Terhadap Serangan Bakteri Vibrio parahaemolyticus. Program Studi Budidaya Perairan, Fakultas Pertanian, Universitas Mataram. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
22 Penggunaan Ekstrak Daun Jambu Biji Psidium guajava untuk Meningkatkan Kelangsungan Hidup Ikan Kerapu Bebek.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Salah satu produk perikanan air laut yang mempunyai pernintaan pasar yang luas adalah ikan kerapu bebek (Cromileptes altivelis). Untuk menunjang produksi kerapu bebek di Indonesia maka tersedianya benih sangat penting, namun banyak kendala yang harus dihadapi dalam pemeliharaan benih kerapu bebek. Salah satu masalah utama yang dihadapi dalam budidaya ikan kerapu bebek di Indonesia adalah tingginya tingkat kematian terutarna pada benih yang dapat mencapai 100%,yang disebabkan infeksi bakteri Vibrio sp. yang merupakan patogen utama penyebab vibriosis. Vibrio parahaemolyticus menjadi salah satu bakteri patogen Vibrioyang paling luas diakui sebagai spesies yang menyebabkan berbagai wabah penyakit di lingkungan laut. Salah satu upaya untuk rnenanggulangi penyakit vibriosis adalah penggunaan bahan alami seperti bagian dari tumbuhan jambu biji (Psidium guajava) yakni daun jambu biji. Daun jambu biji memiliki sifat sebagai antibakteri. Konsentrasi ekstrak daun jambu biji yang tepat menjadi salah satu faktor penting yang harus diperhatikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsentrasi ekstrak daun jambu biji yang optimal sebagai anti bakteri pada benih ikan kerapu bebek dengan tingkat kelangsungan hidup tertinggi. Penelitian ini dilaksanakan di Balai Budidaya Laut Sekotong, Lombok Barat pada Bulan April 2014 dengan metode eksperimental Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan perlakuan konsentrasi ekstrak daun jambu biji yakni 0% (PI), 10%(P2), 15%(P3), 20% (P4), dan 25%(P5). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian ekstrak daun jambu biji dengan konsentrasi yang berbeda memberikan pengaruh yang nyata ter hadap tingkat kelangsungan hidup benih ikan kerapu bebek. Pemberian ekstrak daun jambu biji dengan konsentrasi 15% memberikan hasil tingkat kelangsungan hidup tertinggi dibandingkan empat perlakuan lainnya yakni 100%.

Item Type: Other
Keywords (Kata Kunci): kerapu bebek, Psidium guajava, Tingkat Kelangsungan Hidup, Vibrio parahaemolyticus
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Dr Sitti Hilyana
Date Deposited: 06 Feb 2023 23:15
Last Modified: 06 Feb 2023 23:15
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/34991

Actions (login required)

View Item View Item