Hasil Turnitin Pengaruh Penambahan Probiotik EM4 (Effective Microorganism) dengan Dosis yang Berbeda Pada Pakan Terhadap Hubungan Panjang dan Berat Ikan Mas (Cyprinus carpio)

Karel, Melda and Hilyana, Siti and Lestari, Dewi Putri (2019) Hasil Turnitin Pengaruh Penambahan Probiotik EM4 (Effective Microorganism) dengan Dosis yang Berbeda Pada Pakan Terhadap Hubungan Panjang dan Berat Ikan Mas (Cyprinus carpio). Program Studi Budidaya Perairan, Fakultas Pertanian, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
25 Pengaruh Penambahan Probiotik EM4 (Effective Microorganism) dengan Dosis yang Berbeda Pada Pakan Terhadap Hubungan Panjang.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan probiotik komersil EM4 (Effective microorganism) terhadap hubungan panjang dan berat ikan mas (Cyprinus carpio). Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap dengan lima perlakuan, yakni P1 (tanpa penambahan probiotik), P2 (probiotik 10 ml/kg pakan), P3 (probiotik 15 ml/kg pakan), P4 (probiotik 20 ml/kg pakan), P5 (probiotik 25 ml/kg pakan) dan setiap perlakuan memiliki 3 ulangan sehingga total percobaan sebanyak 15 unit. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang nyata (p > 0,05) terhadap pertumbuhan panjang dan berat mutlak, sehingga dilakukan uji lanjut untuk mengetahui perlakuan terbaik dalam menghasilkan pertumbuhan panjang dan berat ikan mas, diketahui bahwa P3 (probiotik 15 ml/kg pakan) merupakan perlakuan terbaik dalam penelitian ini.

Item Type: Other
Keywords (Kata Kunci): Probiotik, ikan mas, pertumbuhan, hubungan panjang dan berat
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Dr Sitti Hilyana
Date Deposited: 06 Feb 2023 23:15
Last Modified: 06 Feb 2023 23:15
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/34994

Actions (login required)

View Item View Item