Hasil Turnitin Pengaruh Tingkat Kerapatan Mangrove Terhadap Pertumbuhan Dan Kelangsungan Hidup Kerang Darah (Anadara granosa)

Ilhamudin, Muhammad and Hilyana, Siti and Astriana, Baiq Hilda (2019) Hasil Turnitin Pengaruh Tingkat Kerapatan Mangrove Terhadap Pertumbuhan Dan Kelangsungan Hidup Kerang Darah (Anadara granosa). Program Studi Budidaya Perairan, Fakultas Pertanian, Universitas Mataram. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
26 Pengaruh Tingkat Kerapatan Mangrove Terhadap Pertumbuhan Dan Kelangsungan Hidup Kerang Darah.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kerang darah (Anadara granosa) merupakan anggota kekerangan yang termasuk dalam kelas Bivalvia, disebut kerang darah karena kerang ini merupakan jenis kerang yang memiliki pigmen penghasil darah merah (heamoglobin). Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh tingkat kerapatan mangrove terhadap pertumbuhan dan kelangsungan hidup kerang darah. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah eksperimental dengan Rancangan Acak Lengkap terdiri dari 3 perlakuan dengan 4 kali ulangan, yaitu: P1 (kerpatan tinggi), P2 (tingkat kerepatan sedang), P3 (tanpa mangrove). Dari hasil penelitian yang dilakukan selama 60 hari menunjukan bahwa tingkat kerpatan mangrove memiliki pengaruh yang berbeda nyata terhadap pertumbuhan panjang dan berat kerang darah. Pertumbuhan panjang dan berat yang terbaik terdapat pada perlakuan P1 (kerapatan tinggi), sedangkan yang terendah terdapat pada perlakuan P3 (tanpa mangrove). Sedangkan hasil tingkat kelangsungan hidup dari masing-masing perlakuan tidak berbeda nyata terhadap tingkat kerapatan mangrove.

Item Type: Other
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Dr Sitti Hilyana
Date Deposited: 06 Feb 2023 23:15
Last Modified: 06 Feb 2023 23:15
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/34995

Actions (login required)

View Item View Item