PEMANFAATAN WAKTU LUANG PETANI AGROFORESTRY DI KAWASAN HUTAN PENDIDIKAN UNIVERSITAS MATARAM DESA SENARU KABUPATEN LOMBOK UTARA

KHAEROL, ROZIKIN (2023) PEMANFAATAN WAKTU LUANG PETANI AGROFORESTRY DI KAWASAN HUTAN PENDIDIKAN UNIVERSITAS MATARAM DESA SENARU KABUPATEN LOMBOK UTARA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI KHAEROL ROZIKIN (1).pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
J_Khaerol Rozikin_pemanfaatan waktu luang petani agroforestry di kawasan hutan pendidikan unuvers.pdf

Download (408kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1.)Mengidentifikasi kegiatan-kegiatan produktif dan non produktif dalam memanfaatkan waktu luang pada petani agroforestry di Kawasan Hutan Pendidikan Universitas Mataram Desa Senaru Kabupaten Lombok Utara.2.)Mengetahui pendapatan dari kegiatan pemanfaatan waktu luang pada petani agroforestry di Kawasan Hutan Pendidikan Universitas Mataram Desa Senaru Kabupaten Lombok Utara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif, unit analisis adalah Petani agroforestry, Penentuan sampel dilakukan secara Sensus sebanyak 20 responden, Sumber data adalah data primer yang diperoleh dari responden dan data sekunder yang bersumber dari dinas/ instansi terkait. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa 1) kegiatan produktif di kawasan hutan pendidikan Universitas Mataram dari memanfaatkan waktu luang adalah menjadi pemerintah desa dan pedagang sebanyak 1 orang, pemerintah desa dan rental alat traking 1 orang, penyuluh KUA dan pedagang 1 orang, menjadi ketua RT, buruh tani, dan pedagang 1 orang, menjadi pedagang saja 1 orang, wirausaha 3 orang, wiraswasta 3 orang, buruh tani 4 orang, tukang 4 orang, dan menjadi ketua adat 1 orang. Petani yang berada di Kawasan Hutan Pendidikan Universitas Mataram Desa Senaru ada beberapa kegiatan yang di lakukan untuk mengisi waktu luangnya seperti begawe, gotong royong dan liburan. Rata-rata waktu kerja yang di gunakan di sektor pertanian sebanyak 4,85 jam sedangkan waktu kerja yang di gunakan di luar sektor pertanian sebanyak 2,95. 2.) Pendapatan rata-rata yang di dapatkan dari luar sektor pertanian adalah sebesar Rp. 1.395.000/bulan. Hal ini menunjukkan bahwa pendapatan dari luar sektor pertanian dapat menambah pendapatan rumah tangga petani.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pemanfaatan,Waktu Luang,Pendapatan,Petani,Agroforestry
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 06 Feb 2023 02:46
Last Modified: 06 Feb 2023 02:46
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/35010

Actions (login required)

View Item View Item