IDENTIFIKASI POLA KONSUMSI PANGAN MASYARAKAT TANI HUTAN AGROFORESTRY DI KAWASAN HUTAN DENGAN TUJUAN KHUSUS UNIVERSITAS MATARAM DESA SENARU

Ih, san (2023) IDENTIFIKASI POLA KONSUMSI PANGAN MASYARAKAT TANI HUTAN AGROFORESTRY DI KAWASAN HUTAN DENGAN TUJUAN KHUSUS UNIVERSITAS MATARAM DESA SENARU. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
S_IHSAN_Identifikasi Pola Konsumsi Pangan Masyarakat Tani Hutan Agroforestry Di Kawasan Hutan Den.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img]
Preview
Text
J_IHSAN____Identifikasi Pola Konsumsi Pangan Masyarakat Tani Hutan Agroforestry Di Kawasan Hutan .pdf

Download (422kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui pola konsumsi pangan masyarakat tani hutan agroforestry di Kawasan Hutan Dengan Tujuan Khusus (KHDTK) Universitas Mataram Desa Senaru dan (2) untuk mengetahui strategi masyarakat tani hutan di Kawasan Hutan Dengan Tujuan Khusus (KHDTK) Universitas Mataram Desa Senaru memperoleh bahan pangan untuk kebutuhan pangan sehari-hari. Metode dasar yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif (Nazir, 2005). Penelitian ini dilakukan di Kabupaten Lombok Utara. Penentuan lokasi penelitian dilakukan dengan cara Purposive sampling yaitu di Kawasan Hutan Dengan Tujuan Khusus (KHDTK) Universitas Mataram Desa Senaru Kecamatan Bayan. Jenis dan sumber data yang digunakan terdiri atas data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara terstruktur dan pencatatan. Metode analisis data dengan cara deskriptif dengan analisis rata- rata dan persentase. Berdasarkan Penelitian Ini di peroleh, Pengeluaran oleh petani hutan responden Per Tahun untuk pangan saja sebanyak Rp 10.248.000 (52,97%) dan untuk pengeluaran diluar pangannya sebanyak Rp 9.098.532(47,03%). Dari hasil yang diperoleh jumlah rata-rata pengeluaran petani hutan responden lebih banyak untuk pengeluaran pangan daripada pengeluaran non pangan Per Tahun seluruh responden, sehingga jumlah rata-rata pengeluaran petani hutan responden sebanyak Rp 19.346.532. Pola konsumsi pangan rumah tangga petani hutan di Kawasan Hutan Dengan Tujuan Khusus (KHDTK) Universitas Mataram terdiri dari kelompok bahan pangan utama yaitu beras/nasi yang dikonsumsi 3 kali sehari, dari kelompok bahan pangan nabati yaitu sayur-sayuran seperti labu siam, pakis, toge/kecambah, kangkung, dan papaya muda yang dikonsumsi 2-3 kali sehari, dari kelompok bahan pangan protein nabati yaitu kacang-kacangan dan olahan seperti tempe dan tahu yang dikonsumsi 2 kali sehari, dan dari kelompok bahan pangan hewani yaitu ikan dan cumi-cumi yang dikonsumsi 1-2 kali sehari. Bahan pangan pokok seperti padi-padian sangat sulit untuk diusahatanikan. Akibatnya ketersedian beras sangat minim, untuk menjaga ketersedian bahan pangan pokok beras/nasi masyarakat biasanya akan turun ke pasar untuk membelinya atau dengan mendapatkan subsidi beras geratis yang diberikan oleh pemerintah lewat bantuan program PKH (Program Keluarga Harapan). 2 Dari hasil penelitian ini disarankan untuk meningkatkan pendapatan sehingga pengeluaran untuk membeli jenis bahan pangan yang lain dalam memenuhi Angka Kebutuhan Gizi (AKG) dapat terpenuh.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pengeluaran Pangan, Pengeluaran Non Pangan, Pola Konsumsi Pangan
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 06 Feb 2023 02:45
Last Modified: 06 Feb 2023 02:45
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/35015

Actions (login required)

View Item View Item