PENGARUH VARIASI TEMPERATUR FERMENTASI TERHADAP KADAR DAN VOLUME ALKOHOL DALAM PEMBUATAN BIOETANOL DARI LIMBAH GULA (Molasses) MENGGUNAKAN MIKROAERASI

LUIS PRATAMA, PUTRA (2023) PENGARUH VARIASI TEMPERATUR FERMENTASI TERHADAP KADAR DAN VOLUME ALKOHOL DALAM PEMBUATAN BIOETANOL DARI LIMBAH GULA (Molasses) MENGGUNAKAN MIKROAERASI. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TA_F1C018032_LUIS PRATAMA PUTRA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penyediaan pasokan energi pada masa depan merupakan suatu masalah yang selalu menjadi perhatian seluruh masyarakat dunia. Hal ini disebabkan karena sumber penghasil bahan bakar minyak (BBM) yaitu fosil semakin lama semakin berkurang. Salah satu upaya untuk mengurangi konsumsi masyarakat terhadap bahan bakar fosil adalah dengan memanfaatkan energi alternatif terbarukan yaitu bioetanol. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh dari variasi temperatur fermentasi terhadap kadar dan volume alkohol dari limbah gula (molases) dengan menggunakan mikroaerasi. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode experiment. Variasi temperatur fermentasi yang digunakan yaitu 30oC, 32oC, 34oC, 36oC, 38oC. Proses fermentasi dilakukan selama 48 jam terhadap 30 Liter cairan molase. Namun sebelum itu, untuk memproduksi bioetanol dilakukan proses pengembangbiakan mikroorganisme selama 3 jam. Kemudian dilakukan proses destilasi untuk mendapatkan kadar dan volume alcohol dari proses fermentasi molases. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor variasi tersebut berpengaruh terhadap kadar dan volume alkohol yang dihasilkan. Perlakuan yang paling optimal untuk menghasilkan kadar alkohol paling tinggi adalah temperatur 34oC dengan rata-rata kadar alkohol sebanyak 84% sedangkan perlakuan yang paling optimal untuk menhasilkan volume alkohol paling tinggi adalah temperatur 32oC dengan rata-rata volume alkohol sebanyak 668,7 mL.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Bioetanol, Molases, Temperatur, Kadar alkohol, Volume alkohol.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 06 Feb 2023 23:16
Last Modified: 06 Feb 2023 23:16
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/35023

Actions (login required)

View Item View Item