“An Analysis of Communication Strategies Employed by Senior High School Debaters: A Case Study at argUMent Debating Championship 2016”

Wulandari, Desi (2017) “An Analysis of Communication Strategies Employed by Senior High School Debaters: A Case Study at argUMent Debating Championship 2016”. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_DESI WULANDARI_E1D013013_BAHASA INGGRIS PAGI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi-strategi yang digunakan oleh pendebat siswa sekolah menengah atas, strategi yang paling sering digunakan dan faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan strategi tersebut. Penelitian ini dilakukan di argUMent Debating Championship 2016 (lomba debat untuk siswa sekolah menengah atas dan mahasiswa se Bali- Nusa Tenggara) di babak 8 besar. Metode penelitian yang digunakan adalah deskripsi kualitatif. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui pengamatan, perekaman dan pengambilan catatan. Untuk menganalisa data, penelitian ini menggunakan metode menyeleksi data, menampilkan data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menununjukkan ada 787 ucapan selama debat yang melibatkan 6 pembicara yang dikategorikan kedalam strategi komunikasi. Ada lima strategi yang digunakan oleh pendebat yang sesuai dengan teori dari Celce Murcia, dkk (1995). Para pendebat menggunakan strategi penghindaran atau reduksi, strategi realisasi atau pengimbangan, strategi memperlama atau pengunduran waktu, strategi pemantauan dan strategi interaksi. Para pendebat menggunakan strategi memperlama atau pengunduran waktu sebagai strategi yang paling sering digunakan untuk mengatasi permasalahan mereka pada saat debat dengan presentase 77.51%. Kemudian, ada Sembilan faktor yang mempengaruhi pemilihan strategi dalam debat yaitu, level kemampuan berbicara bahasa inggris, tipe tugas, perbedaan budaya, perbedaan individu, kurang percaya diri, berhadapan dengan tantangan besar, berhenti berbicara, persiapan singkat dan pengaruh topik. Dengan demikian, walaupun pendebat mempunyai pengalaman dalam debat tetapi masalah- masalah dalam berkomunikasi tidak bisa dihindarkan. Sehingga para pendebat membutuhkan strategi-strategi untuk mengatasi masalah-masalah tersebut.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): strategi komunikasi, argUMent
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 03 May 2018 06:22
Last Modified: 03 May 2018 06:22
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/3504

Actions (login required)

View Item View Item