R O S I D A H, R O S I D A H (2017) PERBEDAAN HASIL BELAJAR BIOLOGI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN MEDIA VIDEO DAN MEDIA POWER POINT PADA SISWA KELAS X SMAN 2 GERUNG TAHUN AJARAN 2016/2017. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
SKRIPSI ROSIDAH.pdf Restricted to Repository staff only Download (27MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Think Pair Share dengan media video dan media power point pada kelas X SMAN 2 Gerung tahun ajaran 2016/2017. Jenis penelitian yang digunakan yaitu quasy eksperimen dengan desain pretest dan posttest group design. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu seluruh kelas X SMAN 2 Gerung yang terdiri dari 2 kelas. Sampel kelas dipilih dengan teknik simple random sampling dan diperoleh kelas X MIA 1 yang diajarkan menggunakan model Think Pair Share dengan media video dan kelas X MIA 2 yang diajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dengan media power point. Instrumen yang digunakan untuk mengukur hasil belajar adalah tes dan Non-tes. Instrumen tes dalam bentuk objektif tes (pilihan ganda), sedangkan instrument Non-test menggunakan lembar observasi pada ranah afektif dan psikomotorik . Uji hipotesis menggunakan Uji-t. Hasil uji hipotesis menunjukan bahwa thitung = 4,782 > ttabel = 2,026, sehingga terdapat perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dengan menggunakan media video dan media power point.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Model pembelajaran TPS (Think Pair Share), Media Video, Media Power point |
Subjects: | Q Science > QR Microbiology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Ayus Suyarsih |
Date Deposited: | 03 May 2018 06:21 |
Last Modified: | 03 May 2018 06:21 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/3505 |
Actions (login required)
View Item |