PERBEDAAN HASIL BELAJAR BIOLOGI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN MEDIA VIDEO DAN MEDIA POWER POINT PADA SISWA KELAS X SMAN 2 GERUNG TAHUN AJARAN 2016/2017

R O S I D A H, R O S I D A H (2017) PERBEDAAN HASIL BELAJAR BIOLOGI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN MEDIA VIDEO DAN MEDIA POWER POINT PADA SISWA KELAS X SMAN 2 GERUNG TAHUN AJARAN 2016/2017. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI ROSIDAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (27MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Think Pair Share dengan media video dan media power point pada kelas X SMAN 2 Gerung tahun ajaran 2016/2017. Jenis penelitian yang digunakan yaitu quasy eksperimen dengan desain pretest dan posttest group design. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu seluruh kelas X SMAN 2 Gerung yang terdiri dari 2 kelas. Sampel kelas dipilih dengan teknik simple random sampling dan diperoleh kelas X MIA 1 yang diajarkan menggunakan model Think Pair Share dengan media video dan kelas X MIA 2 yang diajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dengan media power point. Instrumen yang digunakan untuk mengukur hasil belajar adalah tes dan Non-tes. Instrumen tes dalam bentuk objektif tes (pilihan ganda), sedangkan instrument Non-test menggunakan lembar observasi pada ranah afektif dan psikomotorik . Uji hipotesis menggunakan Uji-t. Hasil uji hipotesis menunjukan bahwa thitung = 4,782 > ttabel = 2,026, sehingga terdapat perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dengan menggunakan media video dan media power point.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model pembelajaran TPS (Think Pair Share), Media Video, Media Power point
Subjects: Q Science > QR Microbiology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Ayus Suyarsih
Date Deposited: 03 May 2018 06:21
Last Modified: 03 May 2018 06:21
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/3505

Actions (login required)

View Item View Item