ANALISIS KELAYAKAN USAHA DAN PEMASARAN TAHU DI KABUPATEN DOMPU

Ayu, Lestaryani (2023) ANALISIS KELAYAKAN USAHA DAN PEMASARAN TAHU DI KABUPATEN DOMPU. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi_Ayu Lestaryani_C1G018015.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Jurnal_Ayu Lestaryani_C1G018015.pdf

Download (366kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) menganalisis keuntungan pada agroindustri tahu di Kabupaten Dompu; (2) menganalisis kelayakan usaha pada agroindustri tahu di Kabupaten Dompu; dan (3) menganalisis saluran pemasaran tahu di Kabupaten Dompu. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan dilaksanakan di Kabupaten Dompu. Responden dalam penelitian ini adalah pengusaha (pemilik usaha) agroindustri tahu dan lembaga pemasaran yang terlibat dalam pemasaran tahu. Sampel dalam penelitian ini yaitu Kecamatan Woja, Kecamatan Dompu dan Kecamatan Pekat. Pemilihan daerah sampel dilakukan dengan metode purposive sampling (sengaja). Jumlah responden ditentukan dengan metode sensus. Sedangkan untuk responden lembaga pemasaran ditentukan dengan metode snowball sampling.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan teknik survey. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah : (1) analisis biaya produksi; (2) analisis penerimaan; (3) analisis keuntungan; (4) analisis kelayakan usaha; (5) analisis pemasaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) rata-rata keuntungan agroindustri tahu di Kabupaten Dompu yaitu sebesar Rp 26.705.216/satu bulan proses produksi dengan rata-rata biaya produksi yang dikeluarkan sebesar Rp 64.668.379; (2) hasil perhitungan R/C agroindustri tahu di Kabupaten Dompu didapatkan nilai 1,4. Hal ini menunjukkan bahwa nilai R/C yang diperoleh lebih dari 1 (R/C > 1) artinya agroindustri tahu di Kabupaten Dompu layak untuk diusahakan; (3) terdapat tiga saluran pemasaran tahu di Kabupaten Dompu, sebagai berikut: (a) Saluran Pemasaran I : Produsen – Pengepul – Pengecer - Konsumen Akhir. Rata-rata volume penjualan tahu dari pengusaha tahu ke pedagang pengepul sebanyak 367 Kg dan rata-rata volume penjualan tahu dari pengepul ke pengecer sebanyak 367 Kg. Rata-rata keuntungan yang diperoleh pedagang pengepul yaitu sebesar Rp 1.080.000; (b) Saluran Pemasaran II : Produsen – Pengecer - Konsumen Akhir. Rata-rata volume penjualan 2 tahu dari pengusaha tahu ke pengecer sebanyak 159 Kg. Rata-rata keuntungan yang diperoleh pedagang pengecer yaitu sebesar Rp 298.000; (c) Saluran Pemasaran III : Produsen - Konsumen Akhir. Rata-rata volume penjualan tahu dari pengusaha tahu ke konsumen akhir sebanyak 192 Kg dengan rata-rata keuntungan yang diperoleh pengusaha tahu yaitu sebesar Rp 660.038 per satu bulan produksi.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Agroindustri Tahu, Keuntungan, Kelayakan, Pemasaran
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 09 Feb 2023 01:25
Last Modified: 09 Feb 2023 01:25
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/35059

Actions (login required)

View Item View Item