PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK

UPE’ SINTA, WANGI (2023) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi_Upe’ Sinta Wangi_E1Q018072.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa perangkat pembelajaran fisika berbasis discovery learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik yang layak, praktis dan efektif. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan model 4D yang terdiri dari 4 tahap yaitu Define, Design, Develop, dan Disseminate. Produk yang dikembangkan adalah silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), dan instrumen tes kemampuan berpikir kritis. Teknik pengumpulan data menggunakan angket lembar validasi, angket respon peserta didik, dan instrumen tes. Validasi produk dinilai oleh lima validator yang selanjutnya dianalisis menggunakan skala Likert. Kepraktisan diperoleh dari penyebaran angket respon kepada peserta didik terkait keterlaksanaan pembelajaran. Keefektifan dianalisis menggunakan uji N-Gain dan diinterpretasikan ke dalam tafsiran keefektifan. Hasil validitas berdasarkan penilaian validator menunjukkan keseluruhan perangkat yang dikembangkan memiliki nilai rata-rata persentase 90,98% dengan kategori valid dan reliabel. Hasil kepraktisan perangkat pembelajaran berdasarkan angket respon peserta didik menunjukkan nilai 92,7% dengan kategori sangat praktis. Sementara itu, kemampuan berpikir kritis peserta didik mengalami peningkatan dengan hasil rata-rata uji N-Gain sebesar 0,69 dengan kategori sedang, sehingga dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran fisika berbasis discovery learning yang dikembangkan layak dengan kriteria valid dan reliabel, sangat praktis, dan cukup efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Perangkat Pembelajaran Fisika, Discovery Learning, Kemampuan Berpikir Kritis.
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 09 Feb 2023 07:45
Last Modified: 09 Feb 2023 07:45
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/35071

Actions (login required)

View Item View Item