PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP MEREK TERKENAL “STARBUCKS” DITINJAU DARI HUKUM MEREK (Studi Putusan MA Nomor 836 K/Pdt.Sus-HKI/2022)

ELISA, WATI (2023) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP MEREK TERKENAL “STARBUCKS” DITINJAU DARI HUKUM MEREK (Studi Putusan MA Nomor 836 K/Pdt.Sus-HKI/2022). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi_Elisa Wati_D1A019164.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Jurnal_Elisa Wati_D1A019164.pdf
Restricted to ["security_typename_anyone" not defined]

Download (675kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana bentuk perlindungan hukum terhadap Merek Terkenal pada barang yang tidak sejenis di Indonesia, dan untuk mengetahui bagaimana pertimbangan hakim dalam Putusan MA Nomor 836 K/Pdt.Sus-HKI/2022. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian hukum normatif. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan Perundang- Undangan, Pendekatan kasus serta pendekatan koseptual. Hasil penelitian yaitu pertama, bentuk perlindungan hukum terhadap Merek Terkenal terhadap barang yang tidak sejenis di Indonesia berupa perlindungan hukum preventif dan represif. Perlindungan preventif berupa perlindungan selama jangka waktu 10 (sepuluh) tahun sejak penerimaan pendaftaran merek dan penolakan permohonan pendaftaran merek yang memiliki persamaan pada pokoknya untuk Merek Terkenal. Sedangkan bentuk perlindungan represif hanya berupa gugatan pembatalan merek pada pengadilan niaga jika suatu merek tersebut memiliki persamaan pada pokoknya atau keseluruhannya dengan merek terkenal milik pihak lain untuk barang yang tidak sejenis, untuk sanksi pidananya tidak ada yang mengatur untuk barang yang tidak sejenis, Undang-Undang Merek hanya mengatur perlindungan dalam bentuk sanksi tindak pidana untuk barang dan/atau jasa yang sejenis. kedua, jika suatu merek terdaftar terbukti didaftar kan dengan Itikad tidak baik karena memiliki persamaan pada pokoknya dengan Merek Terkenal pihak lain, maka merek tersebut tidak mendapatkan perlindungan hukum

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Perlindungan Hukum, Preventif dan Represif, Merek Terkenal
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 09 Feb 2023 07:45
Last Modified: 09 Feb 2023 07:45
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/35076

Actions (login required)

View Item View Item