PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PAIR CHECK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII E SMPN 2 LABUAPI PADA MATERI KUBUS DAN BALOK TAHUN PELAJARAN 2016/2017

WAHYUNI, LAELA (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PAIR CHECK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII E SMPN 2 LABUAPI PADA MATERI KUBUS DAN BALOK TAHUN PELAJARAN 2016/2017. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI LAELA WAHYUNI (E1R013022).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar matematika siswa kelas VIII E SMP Negeri 2 Labuapi pada materi kubus dan balok tahun pelajaran 2016/2017. Hal tersebut didasarkan atas hasil observasi yang telah dilakukan bahwa kurangnya kesiapan siswa dalam belajar khususnya dalam belajar matematika. Ini menyebabkan siswa cenderung pasif yang menandakan siswa tersebut kurang termotivasi dalam mengikuti pelajaran. Akibatnya, prestasi belajar siswa pada pelajaran matematika rendah, khususnya pada kelas VIII-E. Untuk itu, dalam pembelajaran diperlukan suatu model pembelajaran yang dapat memotivasi siswa sehingga berdampak pada peningkatan aktivitas dan prestasi belajar. Salah satu model yang dapat digunakan adalah model pembelajaran kooperatif Tipe Pair Check. Model pembelajaran tersebut dengan diskusi kelompok yang beranggotakan 4 orang dimana 4 orang tersebut akan dibagi kembali menjadi pasangan-pasangan, dengan setiap pasangan terdiri dari 2 orang yaitu ada yang berperan sebagai pelatih dan sebagai partner.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklusnya meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan evaluasi serta refleksi. Adapun indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah aktivitas siswa minimal berkategori aktif pada akhir siklus serta tercapainya ketuntasan klasikal minimal 85%. Hasil penelitian menunjukkan skor rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 10,5 dengan kategori aktif dan skor aktivitas belajar siswa pada siklus II 14,5 dengan kategori sangat aktif. Ketuntasan klasikal mencapai 62,5% pada siklus I serta ketuntasan klasikal mencapai 89,5% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Pair Check dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa pada materi kubus dan balok di kelas VIII-E SMPN 2 Labuapi Tahun Pelajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): model pembelajaran kooperatif tipe pair check, aktivitas belajar, prestasi belajar.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Ayus Suyarsih
Date Deposited: 03 May 2018 06:21
Last Modified: 03 May 2018 06:21
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/3509

Actions (login required)

View Item View Item