PERAN MODAL SOSIAL DALAM MENDUKUNG KEMITRAAN CV. SAHABAT FORESTRY DENGAN KELOMPOK MITRA DALAM BUDIDAYA SENGON DI KECAMATAN EMPANG

FITRAH WAHYU, MAHARAJA (2023) PERAN MODAL SOSIAL DALAM MENDUKUNG KEMITRAAN CV. SAHABAT FORESTRY DENGAN KELOMPOK MITRA DALAM BUDIDAYA SENGON DI KECAMATAN EMPANG. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Revisi FIX FW.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
jurnal fitrah 23 jan 2023.pdf

Download (426kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mendeskripsikan peran modal sosial dalam mendukung kemitraan CV. Sahabat Forestry dengan Kelompok Mitra; 2) Untuk menganalisis kekuatan modal sosial pada kelompok mitra di Desa Boal dan Desa Gapit sebagai penggarap lahan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Unit analisis dalam penelitian ini adalah anggota kelompok tani hutan (KTH) yang ada di Desa Boal dan Desa Gapit, Kecamatan Empang, Kabupaten Sumbawa. Lokasi penelitian ini ditetapkan secara purposive sampling. Responden pengurus kelompok tani hutan ditentukan secara purposive sampling dan responden anggota kelompok tani hutan ditentukan secara proportional random sampling. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif, skala likert dan sosiometri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Modal sosial berperan dalam mendukung kemitraan CV. Sahabat Forestry dengan kelompok mitra, ini terlihat dari tingginya nilai modus varibel kepercayaan, jaingan dan norma; 2) Modal sosial di dalam kelompok mitra di Desa Boal dan Desa Gapit tergolong dalam kategori kuat, terlihat dari rasa saling percaya antar anggota kelompok, kekompakan kelompok, kerjasama, dan saling mengenal antara anggota kelompok serta terhadap pengurus kelompoknya. Terdapat pula anggota kelompok yang paling berpengaruh yaitu sekretaris kelompok dalam kelompok Ai Dea Said dan angggota kelompok yang menjadi pengawas budidaya sengon utusan perusahaan dalam kelompok seseng jangi.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Peran Modal Sosial, kekuatan modal sosial
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 21 Feb 2023 10:32
Last Modified: 21 Feb 2023 10:32
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/35235

Actions (login required)

View Item View Item