PENGARUH PEMBELAJARAN AKTIF ROTASI PERTUKARAN TRIO (RTE) DISERTAI MEDIA KOTAK PERTANYAAN TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS KIMIA MATERI LAJU REAKSI PADA SISWA KELAS XI MIPA SMAN 1 PRAYA

WAHYUNI, LALE AGUSTIA (2017) PENGARUH PEMBELAJARAN AKTIF ROTASI PERTUKARAN TRIO (RTE) DISERTAI MEDIA KOTAK PERTANYAAN TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS KIMIA MATERI LAJU REAKSI PADA SISWA KELAS XI MIPA SMAN 1 PRAYA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI LALE AGUSTIA WAHYUNI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran aktif rotasi pertukaran trio (RTE) disertai media kotak pertanyaan terhadap kemampuan literasi sains kimia siswa pada materi laju reaksi. Literasi sains sendiri terdiri dari mengidentifikasi isu ilmiah, menjelaskan fenomena ilmiah, dan menggunakan bukti ilmiah. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Praya pada semester ganjil tahun pelajaran 2016/2017. Metode penelitian yang digunakan adalah quasy eksperimental dengan desain nonequivalent control group design. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian adalah siswa kelas XI MIPA 1 sebagai kelompok eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran rotasi pertukaran trio disertai media kotak pertanyaan dan kelas XI MIPA 4 sebagai kelompok kontrol dengan menggunakan pembelajaran konvensional yang disertai pula dengan media kotak pertanyaan. Sampel pada setiap kelompok berjumlah 34 orang pada kelompok eksperimen, dan 30 orang pada kelompok kontrol. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes essai berjumlah 15 soal. Analisis data menggunakan uji t-test, diperoleh thitung sebesar 1,12 dan ttabel pada taraf signifikansi 0,05 sebesar 1,67, maka thitung < ttabel, sehingga dapat disimpulkan Ho diterima dan Ha ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran aktif rotasi pertukaran trio (RTE) disertai media kotak pertanyaan tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan literasi sains kimia siswa pada materi laju reaksi.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model Pembelajaran Rotasi Pertukaran Trio, Literasi Sains, Laju Reaksi
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Ayus Suyarsih
Date Deposited: 03 May 2018 06:16
Last Modified: 03 May 2018 06:16
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/3524

Actions (login required)

View Item View Item