ANALISIS PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN ATAS PERBUATAN OVERCLAIM DALAM MELAKUKAN PROMOSI OLEH INFLUENCER PADA SUATU PRODUK

Agelia, Arsiallah (2023) ANALISIS PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN ATAS PERBUATAN OVERCLAIM DALAM MELAKUKAN PROMOSI OLEH INFLUENCER PADA SUATU PRODUK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI AGELIA ARSIALLAH D1A019024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
JURNALAGELIA ARSIALLAH D1A019024.pdf

Download (470kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola hubungan hukum antara pelaku usaha, influencer, dan konsumen dan untuk mengetahui perlindungan hukum terhadap konsumen atas perbuatan overclaim dalam melakukan promosi oleh influencer. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian hukum normatif. Dengan menggunakan metode pendekatan perundang- undangan (statue approach) dan pendekatan konseptual (conceptual approach).Hasil penelitian menunjukkan hubungan hukum pelaku usaha dengan influencer merupakan perjanjian kerjasama, hubungan hukum pelaku usaha dengan konsumen merupakan perjanjian jual beli, sedangkan hubungan hukum influencer dengan konsumen adalah tidak memiliki hubungan hukum secara langsung. Apabila pelaku usaha melakukan overclaim maka perjanjian jual- beli yang disepakatinya dengan konsumen dapat dibatalkan, namun apabila influencer melakukan perbuatan overclaim maka dapat dimintai pertanggung jawabannya atas dasar perbuatan melawan hukum. Perlindungan hukum terhadap konsumen terbagi menjadi dua yaitu perlindungan hukum preventif bentuk perlindungan hukum yang dibuat oleh pemerintah yang tujuannya untuk mencegah terjadinya pelanggaran. Perlindungan represif yaitu perlindungan hukum yang dibuat oleh pemerintah untuk melindungi warga negaranya dapat berupa denda, penjara, maupun hukuman lain.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Perlindungan Hukum; Overclaim; Promosi; Influencer
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 21 Feb 2023 10:23
Last Modified: 21 Feb 2023 10:23
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/35242

Actions (login required)

View Item View Item