IMPLEMENTASI KOMUNIKASI INTERPERSONAL PEKERJA SOSIAL DALAM MEMBENTUK KONSEP DIRI ANAK KORBAN KEKERASAN SEKSUAL DI SENTRA PARAMITA MATARAM

Baiq Rima Mariza, Rizal (2023) IMPLEMENTASI KOMUNIKASI INTERPERSONAL PEKERJA SOSIAL DALAM MEMBENTUK KONSEP DIRI ANAK KORBAN KEKERASAN SEKSUAL DI SENTRA PARAMITA MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
L1B016017 - SKRIPSI SIDANG.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
ARTIKEL BQ RIMA MARIZA RIZAL - Indonesia.pdf

Download (478kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ARTIKEL BQ RIMA MARIZA RIZAL - English.pdf

Download (483kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi komunikasi interpersonal pekerja sosial dalam membentuk konsep diri anak korban kekerasan seksual di Sentra Paramita Mataram. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Penentuan informan dilakukan secara purposive. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menerapkan model Miles dan Huberman. Untuk menguji keabsahan data, peneliti menggunakan metode triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses komunikasi interpersonal antara pekerja sosial dan korban kekerasan seksual berlangsung secara primer, dimana media/saluran yang digunakan berupa simbol bahasa, gestur tubuh, kial, warna, dan sebagainya. Komunikasi interpersonal yang terjadi membentuk model transaksional; komunikasi dipengaruhi oleh pengalaman-pengalaman pekerja sosial dan korban kekerasan seksual, serta gangguan baik berupa gangguan semantik, fisik, dan kerangka berpikir. Tahapan hubungan pekerja sosial dan korban kekerasan seksual di Sentra Paramita Mataram telah mencapai tahap pertukaran stabil. Sehingga pembentukan konsep diri anak korban kekerasan seksual dapat berjalan dengan baik. Namun dengan berbagai faktor yang mempengaruhi pembentukan konsep diri, maka setiap korban membutuhkan rentang waktu yang berbeda dalam prosesnya.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Komunikasi interpersonal, teori penetrasi sosial, konsep diri, pekerja sosial, kekerasan seksual.
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 21 Feb 2023 10:30
Last Modified: 21 Feb 2023 10:30
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/35250

Actions (login required)

View Item View Item