IMPLEMENTASI PERJANJIAN SEWA MENYEWA KIOS PASAR ANTARA PEDAGANG DENGAN PENGELOLA PASAR (Studi Kasus: Di Pasar Induk Mandalika Bertais)

NI KADEK PRAMITA, KHARISMA DEWI (2023) IMPLEMENTASI PERJANJIAN SEWA MENYEWA KIOS PASAR ANTARA PEDAGANG DENGAN PENGELOLA PASAR (Studi Kasus: Di Pasar Induk Mandalika Bertais). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
NI KADEK PRAMITA KHARISMA DEWI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL ILMIAH NI KADEK PRAMITA KHARISMA DEWI.pdf

Download (360kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana prosedur dari pelaksanaan perjanjian sewa menyewa kios pasar antara pedagang dengan pengelola pasar. Dan juga untuk mengetahui penyelesaian sengketa wanprestasi dalam perjanjian sewa menyewa kios pasar antara pedagang dengan pengelola pasar. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian hukum empiris. Penelitian hukum empiris mengkaji hukum yang dikonsepkan sebagai prilaku nyata (actual behavior), sebagai gejala sosial yang sifatnya tidak tertulis, yang dialami setiap orang dalam kehidupan bermasyarakat. Hasil penelitian mengungkap bahwa prosedur perjanjian sewa menyewa kios pasar antara pedagang dengan pengelola pasar ini dimulai dari adanya kesepakatan para pihak, baru setelah itu pihak kedua atau pihak penyewa bila setuju melanjutkan proses administrasi di Dinas Perdagangan Kota Mataram, dan bukti perjanjian tertulisnya akan disimpan oleh Dinas Perdagangan maupun pengelola pasar dan juga pihak pedagang, setelah menandatangani kontrak pihak kedua atau pihak penyewa harus membayar lunas uang sewa tahunan tersebut dan dibayar melalui Bank NTB. Sedangkan dalam menyelesaikan perselisihan yang timbul selama masa berlakunya perjanjian sewa menyewa kios ini hampir tidak pernah ada sengketa yang sampai berakhir di pengadilan. Dinas Perdagangan berusaha semaksimal mungkin untuk menyelesaikannya secara kekeluargaan atau musyawarah mufakat dengan pihak pedagang

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Perjanjian, Sewa Menyewa, Kios Pasar, Wanprestasi
Subjects: K Law > KZ Law of Nations
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 21 Feb 2023 10:32
Last Modified: 21 Feb 2023 10:32
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/35254

Actions (login required)

View Item View Item