TANGGUNG JAWAB RUMAH SAKIT APABILA TERJADI KEBOCORAN RAHASIA KESEHATAN PASIEN (STUDI DI RUMAH SAKIT UNIVERSITAS MATARAM)

ASI, AH (2023) TANGGUNG JAWAB RUMAH SAKIT APABILA TERJADI KEBOCORAN RAHASIA KESEHATAN PASIEN (STUDI DI RUMAH SAKIT UNIVERSITAS MATARAM). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI ASIAH D1A018041 (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL ILMIAH ASIAH (D1A018041).pdf

Download (415kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mengkaji 3 (tiga) permasalahan yaitu Faktor-faktor apa yang menyebabkan terjadinya kebocoran rahasia kesehatan pasien, kemudian Bagaimana Perlindungan Hukum Terhadap data kerahasiaan kesehatan pasien, Dan Bagaimana pertanggung jawaban hukum rumah sakit terhadap pasien apabila terjadi kebocoran rahasia kesehatan pasien di Rumah Sakit Universitas Mataram. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian hukum “Empiris”. Pendekatan data yang digunakan adalah pendekatan Perundang-undangan, pendekatan konseptual, dan pendekatan sosiologi hukum. Hasil penelitian dan pembahasan yaitu terdapat Faktor-faktor penyebab terjadinya kebocoran rahasia kesehatan pasien yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Perlindungan hukum bagi pasien terdapat dalam Undang-undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan. Pengenaan sanksi terhadap pihak yang tanpa kewenangan telah membocorkan data kesehatan pasien itu telah diatur dalam Undang-undang yaitu dihukum penjara selama-lamanya sembilan bulan atau denda sebanyak-banyaknya Rp. 9.000, dan bagi dokter atau dokter gigi yang tidak memenuhi kewajiban maka akan dipidana dengan pidana kurungan paling lama satu (1) Tahun atau denda paling banyak Rp. 50.000.000,00 (lima puluh juta rupiah). Tanggung jawab hukum Rumah Sakit Universitas Mataram terhadap pasien itu adalah tanggung jawab secara korporasi dan tanggung jawab secara litigasi. Tanggung jawab secara korporasi diproses melalui Komisi Etik dan Hukum Rumah Sakit sedangkan tanggung jawab secara litigasi diproses berdasarkan Peraturan Perundang-undangan

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Rumah Sakit, Kerahasiaan Pasien, Tanggung Jawab
Subjects: K Law > KZ Law of Nations
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 21 Feb 2023 10:33
Last Modified: 21 Feb 2023 10:33
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/35267

Actions (login required)

View Item View Item