EFEKTIVITAS PENYELESAIAN SENGKETA PERDATA WANPRESTASI MELALUI GUGATAN SEDERHANA DI PENGADILAN NEGERI MATARAM (Studi Kasus Nomor 20/Pdt.G.S/2022/PN.Mtr)

FIYUTA, MARIN (2023) EFEKTIVITAS PENYELESAIAN SENGKETA PERDATA WANPRESTASI MELALUI GUGATAN SEDERHANA DI PENGADILAN NEGERI MATARAM (Studi Kasus Nomor 20/Pdt.G.S/2022/PN.Mtr). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI FIYUTA MARIN (D1A019213).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (884kB)
[img]
Preview
Text
JURNAL FIYUTA (D1A019213).pdf

Download (399kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaturan, prosedur, penerapan serta efektivitas penyelesaian sengketa perdata wanprestasi melalui gugatan sederhana di Pengadilan Negeri Mataram. Jenis penelitian ini adalah penelitian hukum normatif-empiris. Hasil penelitian ini adalah pengaturan gugatan sederhana diatur dalam Peraturan Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2015 dan Peraturan Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2019 Jo Peraturan Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2015 tentang Tata Cara Penyelesaian Gugatan Sederhana. Prosedur gugatan sederhana meliputi: pendaftaran, pemeriksaan kelengkapan gugatan sederhana, penetapan Hakim dan penunjukan panitera pengganti, pemeriksaan pendahuluan, penetapan hari sidang dan pemanggilan para pihak, pemeriksaan sidang dan perdamaian, pembuktian, dan putusan. Perbedaan dengan gugatan biasa yaitu pada gugatan biasa tidak memeriksa nilai materiil gugatan dan Ketua Pengadilan menunjuk Majelis Hakim untuk menyelesaikan perkara. Penerapan penyelesaian perkara wanprestasi melalui gugatan sederhana di Pengadilan Negeri Mataram telah sesuai dengan Peraturan Mahkamah Agung Republik Indoensia Nomor 2 Tahun 2015 dan Peraturan Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2019 tentang Tata Cara Penyelesaian Gugatan Sederhana. Efektivitas penyelesaian perkara wanprestasi melalui gugatan sederhana di Pengadilan Negeri Mataram dapat diukur dari aspek kriteria perkara, aspek tahap penyelesaian dan aspek batas waktu penyelesaian.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Wanprestasi, Penyelesaian Sengketa Perdata, Gugatan Sederhana
Subjects: K Law > KZ Law of Nations
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 21 Feb 2023 09:06
Last Modified: 21 Feb 2023 09:06
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/35280

Actions (login required)

View Item View Item