ANALISIS YURIDIS PERLINDUNGAN KONSUMEN TERHADAP PRODUK KOSMETIK YANG SUDAH KEDALUWARSA DALAM PERDAGANGAN ELEKTRONIK (Studi Kasus: Pada Platform TikTok)

HAYA NAJWA YUMNA, SHAFA (2023) ANALISIS YURIDIS PERLINDUNGAN KONSUMEN TERHADAP PRODUK KOSMETIK YANG SUDAH KEDALUWARSA DALAM PERDAGANGAN ELEKTRONIK (Studi Kasus: Pada Platform TikTok). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI HAYA NAJWA YUMNA SHAFA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (987kB)
[img]
Preview
Text
JURNAL ILMIAH HAYA NAJWA YUMNA SHAFA.pdf

Download (544kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mengkaji bentuk perlindungan konsumen, penyelesaian sengketa dalam perdagangan elektronik pada produk kosmetik yang telah kedaluwarsa. Jenis penelitian ini adalah penelitian hokum Normatif. Metode penelitian yang digunakan Statue Approach dan Conceptual Approach. Hasil penelitian ini menunjukkan perlindungan konsumen dapat dilakukan dengan dua upaya yaitu upaya secara represif dan preventif. Upaya preventif seperti mengawasi sistem produksi dan peredaran kosmetik, menerapkan 2D Barcode dalam pengawasan obat dan makanan, serta harus memiliki izin produksi. Penyelesaian sengketa yang dapat dilakukan secara represif ialah tindakan penegakan dari pihak yang bersangkutan, bentuk pertanggungjawaban secara perdata dapat berupa ganti kerugian sedangkan pertanggungjawaban pelaku usaha secara pidana dapat berupa kurungan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Perlindungan Konsumen, Kosmetik, Kedaluwarsa
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 21 Feb 2023 09:04
Last Modified: 21 Feb 2023 09:04
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/35284

Actions (login required)

View Item View Item