RIZKIKA, YULIANA (2023) PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KONSUMEN DALAM LAYANAN APLIKASI SHOPEE (E-COMMERCE) SEBAGAI SITUS JUAL BELI ONLINE. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
SKRIPSI RIZKIKA YULIANA.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
JURNAL RIZKIKA YULIANA.pdf Download (431kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pertanggung jawaban hukum aplikasi shopee dalam hal terjadinya kesalahan pada barang yang dipesan tidak sesuai dengan yang diterima serta menganalisis penguatan perlindungan hukum dalam penggunaan jasa aplikasi shopee. Penelitian ini merupakan jenis penelitian hukum normatif, dengan menggunakan pendekatan perundang-undangan (Statute Approach), pendekatan konseptual (Conseptual Approach), dan pendekatan kasus (Case Approach). Dengan hasil penelitian apabila barang yang dikirimkan oleh penjual tidak sesuai dengan pesanan, ataupun barang yang dikirimkan cacat, pembeli dapat mengajukan pengembalian dana/barang, meskipun barang sudah diterima oleh pembeli, uang tidak diteruskan kepada penjual. Jika terjadi kasus seperti ini ternyata ada fitur dari shopee yang bernama Dispute Resolution Center. Maka dalam hal ini untuk penguatan perlindungan hukum baik untuk penjual maupun pembeli yang ingin melakukan kegiatan transaksi atau jual beli online melalui Aplikasi Shopee harus berdasarkan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen, Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik dan pasal 65 Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2014 Tentang Perdagangan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Perlindungan; Hukum; Konsumen |
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Fakultas Hukum |
Depositing User: | Meike Megawati |
Date Deposited: | 22 Feb 2023 02:40 |
Last Modified: | 22 Feb 2023 02:40 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/35291 |
Actions (login required)
View Item |